HomeMobilPenghujung 2020, Toyota Kijang Innova Bakal Update Penampilan?

Penghujung 2020, Toyota Kijang Innova Bakal Update Penampilan?

Desain New Kijang Innova Reborn 2020 sudah tesebar luas. Foto/ Indianautosblog.

Jakarta – Toyota Kijang Innova adalah bagian dari sejarah panjang Toyota Kijang yang meluncur sejak 1976. Pada 2020 ini, Kijang Innova Reborn menginjak usia lima tahun. Pada periode ini, sudah saatnya melakukan pembaharuan desain.

Berkaca dari edisi Kijang Innova generasi pertama, model tersebut bertahan sekitar 10 tahunan. Toyota meluncurkan Kijang Innova seri AN40 pada 1 September 2004. Generasi pertama mendapatkan tiga kali facelift, yaitu pada tahun 2007, 2011, dan yang terakhir 2013.

Kemudian pada 2015 Toyota memperkenalkan generasi kedua Toyota Kijang Innova. Mobil yang disebut juga sebagai Innova Reborn ini memiliki seri AN140. Setelah lima tahun dijual tanpa pembaharuan, kabarnya di 2020 ini Kijang Innova masuk rencana facelift.

Kabar soal facelift ini telah diungkapkan oleh media kenamaan asal India, Indianautosblog, sejak Juni lalu. Media tersebut mengungkapkan bila Indonesia di 2020 ini akan merilis Kijang Innova facelift.

Kabar ini makin santer berhembus setelah Toyota meluncurkan Hilux dan Fortuner di Thailand. Basis atau platform kedua model tadi sama seperti yang digunakan Kijang Innova Reborn.

Desas desus tentang kehadiran penyegaran dari Toyota Kijang Innova terbaru telah menjadi perbincangan hangat sejak semester pertama. Saat itu, New Toyota Kijang Innova dilaporkan akan meluncur pertengahan 2020.

Beginikah Inspirasi Desain Kijang Innova Reborn 2020?

Desain Kijang Innova 2020 mengadopsi gaya Sienna
Desain Kijang Innova 2020 mengadopsi gaya Sienna. Foto/dok.Toyota.

Desain yang disinyalir sebagai New Innova Reborn pun telah terungkap. Secara umum, ubahan terjadi di bagian muka yang mengadopsi gaya dari Toyota Sienna di Amerika Serikat. Memang, kedua model ini memakai platform yang sama yaitu Toyota IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle).

Platform Toyota IMV digunakan untuk mobil-mobil Toyota berpenggerak roda belakang atau empat roda, menggunakan suspensi depan independent double wishbone, suspensi belakang multi link, serta dengan konstruksi mesin longitudinal.

Desain bumper, gril, kap mesin, serta lampu depannya baru dengan LED. Gayanya juga tak jauh beda seperti New Yaris yang baru meluncur beberapa waktu lalu.

Bempernya bergaya trapezoidal berukuran super besar, dengan headlamp sipit. Di antara headlamp terdapat garnish krom dan aksen hitam untuk penempatan logo.

Di bagian samping, Toyota Kijang Innova 2020 juga akan mengusung velg baru. Perubahan di bagian belakang kemungkinan akan mencakup lampu belakang dan bumper baru.

Fitur Baru di New Kijang Innova Reborn Tidak Banyak

Bicara soal fitur, Kijang Innova terbaru diperkirakan bakal dilengkapi berbagai fitur kenyamanan dan keselamatan yang lengkap. New Innova Reborn kabarnya akan didukung fitur wireless charger, sistem infotainment baru dengan layar sentuh berikut kamera 360 derajat.

Fitur keselamatan yang akan ditambah yaitu Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, dan Lane Departure Warning. Selebihnya, fitur unggulan di Kijang Innova Reborn akan tetap dipertahankan.

Pakai Wajah Baru, Mesin Kijang Innova 2020 Tidak Berubah

Mesin Diesel Toyota Innova
Mesin Diesel Toyota Innova. Foto/ Youtube.

Toyota Innova Reborn dengan penampilannya yang gagah membuatnya menarik perhatian masyarakat. Ditambah dengan mesinnya yang bandel membuatnya menjadi kesayangan dari para penggemarnya.

Saat ini, Toyota New Innova masih mengandalkan mesin 1TR-FE 2.0L yang telah digunakan sejak 2004. Bahan bakarnya cukup irit berkat teknologi Dual VVT-i tenaga maksimal 137 daya kuda serta torsi 183 Nm.

Sedangkan mesin diesel 2GD-FTV 2.4L dengan tenaga yang lebih besar, yaitu 147 daya kuda dan torsi puncak 342 Nm. Bukan tidak mungkin, kedua mesin tadi tetap jadi andalan di New Innova Reborn.

Toyota New Innova bermesin diesel terkenal lebih menyenangkan ketika bermanuver dan berakselerasi. Ditambah dengan berbagai fitur bantuan berkendara membuat Innova memberikan rasa aman ketika berkendara.

Konsumsi BBM Tetap Bersahabat

New Kijang Innova versi bensin masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi pertama. Tetapi tambahan teknologi Dual VVT-i pada Innova memberikan dampak besar dalam memberikan konsumsi bahan bakar yang irit.

Kijang Innova Reborn 2020, Masih Jadi Mobil Keluarga Kelas Mahal

Toyota Kijang Innova.
Toyota Kijang Innova. Foto/dok. Toyota.

Innova sejak kemunculan Avanza kastanya naik, bukan lagi sebagai mobil keluarga yang terjangkau. Masuk generasi kedua pada Innova Reborn, harganya semakin mahal dan sosoknya pun berubah jadi mobil keluarga kelas atas.

Sekalipun memakai sasis ladder frame, namun interiornya semakin mewah. Masuk ke dalam kabin, interior Toyota Kijang Innova 2020 pun sangat mencirikan mobil keluarga kelas atas.

Bisa dilihat dari kabin yang tetap lega untuk 6 atau 7 penumpang termasuk pengemudi. Kesan mewah di kabin New Kijang Innova pun hadir melalui ambient lighting serta panel kayu yang hanya ada di tipe V.

Interior Mewah di Innova Reborn

Interior Kijang Innova.
Interior Kijang Innova. Foto/ Istimewa.

Bahkan, tipe tertinggi ini telah memakai kursi captain seat di baris kedua yang membuat interiornya kian premium. Terdapat Seatback Table untuk penumpang di baris kedua.

Meja lipat ini memberikan kemudahan saat penumpang ingin melakukan beberapa pekerjaan memakai laptop. Pada meja lipatnya bahkan sudah terpasang cup holder untuk tempat wadah minuman.

Ruang kabin Innova terbaru yang terasa luas mempengaruhi ruang kaki dan ruang kepala yang lapang. Terdapat AC dual Blower dengan 4 buah kisi AC yang akan menjamin penyebaran udara sejuk merata ke dalam kabin.

Pengaturan kecepatan kipas digital telah terkoneksi dengan automatic climate control. Ini memberikan kesan mewah dan modern selama berkendara.

Kelemahan yang dimiliki mobil ini yaitu Toyota belum menawarkan pintu bagasi otomatis pada Innova Reborn. Masalahnya, fitur ini sudah banyak tersedia pada LMPV lain di Indonesia, bahkan dengan harga yang lebih murah.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Spesifikasi Toyota Urban Cruiser mirip Suzuki Vitara Brezza
Previous post
Spesifikasi Singkat dan Harga Toyota Urban Cruiser Kembaran Suzuki Vitara Brezza
Next post
BMW M 1000 RR, Motor BMW Pertama yang Jadi Seri M

1 Comment

  1. Dayan Arung
    September 24, 2020 at 11:43 pm

    Innova nanti jadi “Sienna” nya Indonesia