Home » Sepeda motor » Motor ‘Arogan’ Meluncur, Apa Perbedaannya dengan Versi Lama?

Motor ‘Arogan’ Meluncur, Apa Perbedaannya dengan Versi Lama?

Yamaha NMax

Jakarta – Yamaha Nmax menjadi salah satu skuter matik yang populer di Indonesia. Sepeda motor yang satu ini seakan langsung menjadi primadona baru PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Tanah Air. Pasalnya, banyak orang yang memang menyukai desain dan model dari Yamaha Nmax ini.

Kendati banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, motor ini malah punya julukan yang negatif, yakni ‘Motor Arogan’. Apa alasannya?

Banyaknya pengguna Yamaha Nmax yang berkendara di luar batas dan di luar kendali sehingga sering meresahkan masyarakat. Mulai dari melawan arus, ‘mentang-mentang’ dimensi motornya besar jadi merasa jagoan, hingga merasa jika motornya ini adalah sebuah sepeda motor gede (moge) yang harus diberikan akses lebih. Padahal hal tersebut hanya dilakukan oleh sebagian orang saja. Tetapi tidak semua orang mengendarai Yamaha Nmax seperti itu.

Yamaha NMAX
Yamaha Nmax 2018 kekurangan stok, banyak diler Yamaha komplain. Foto/Carmudi.

Senin (2/12/2019) kemarin, YIMM resmi memperkenalkan varian baru dari Yamaha Nmax. Yamaha Nmax yang diklaim sebagai model All New atau model yang benar-benar baru ini disebut menjadi skuter matik dengan fitur terdepan pertama di Indonesia. Wih, yang benar?

Yuk kita bahas bersama-sama.

Namun sebelum benar-benar membahas Yamaha Nmax versi baru secara lebih dalam dan detail, ada baiknya kita membahas dulu varian yang lama.

Yamaha Nmax Generasi Lama

Yamaha Nmax generasi lama, salah satu ciri yang dapat dilihat adalah bentuk bodinya. Bodi Yamaha Nmax versi lama ini terlihat lebih mengotak jika dilihat dari bagian samping. Desain ini dianggap sebagai salah satu desain sepeda motor yang cukup kaku. Pada generasi lama, Yamaha Nmax memang sudah terlihat cukup besar alias bongsor. Namun, bodi bongsor ini menjadi kelebihan utama dari Yamaha Nmax. Karena bodinya besar, maka dari itu ruang bagasi di bagian bawah jok juga lega. Ruang kaki dan bagian jok juga luas untuk diduduki berdua dengan penumpang belakang.

Yamaha Nmax
Yamaha NMax bekas masih banyak diminati dibanding Aerox. Foto/Tenaga Kuda.

Di bagian bodi samping, Yamaha Nmax versi lama juga terlihat punya bodi yang lebar. Knalpot yang dimilikinya juga besar. Dibuat sedemikian rupa agar modelnya terlihat proporsional. Salah satu kekurangan dari Yamaha Nmax generasi lama adalah minim fitur. Banyak pembeli motor ini mengaku kecewa dengan kepelitan Yamaha memberikan fitur. Saat ini Yamaha Nmax menjadi lawan serius dari Honda PCX. Namun, Honda PCX memberikan fitur yang lebih banyak sehingga terlihat mewah dan elegan dibanding Yamaha Nmax.

Kritik-kritik pedas kepada Yamaha ini pun akhirnya dijawab tuntas kemarin. Di mana Yamaha memperkenalkan varian baru dari Yamaha Nmax yang akan dijual secara resmi di Indonesia. Pada varian baru ini, Yamaha memberikan ubahan penuh kepada motor dari keluarga Maxi scooter. Mulai dari desain, fitur yang ada pada motor, hingga teknologi pada mesin yang dibuat ulang agar konsumsi bahan bakar menjadi lebih baik.

Yamaha NMax
Yamaha NMax. Foto/Istimewa.

Yamaha Nmax Generasi Baru

Jika dilihat sepintas, Yamaha Nmax terbaru ini punya tampilan yang tidak jauh berbeda dibanding generasinya yang lama. Yamaha Nmax generasi baru memiliki perbedaan di beberapa bagian. Mulai dari bagian depan, belakang, dan samping. Di bagian depan, dulu lampunya masih memakai tipe bohlam, namun sekarang sudah dibekali dengan LED yang disertai dengan DRL berbentuk garis yang dinilai cukup oke untuk dipandang.

Di bagian samping, Yamaha Nmax terbaru terlihat lebih membesar dibanding generasi pendahulunya. Namun, hal tersebut terlihat biasa saja. Bagian jok juga terlihat tak mengalami perubahan berarti secara desain. Soal materialnya kami kurang mengetahui apakah busa pada joknya memang empuk atau menjadi lebih keras. Di bagian belakang, Yamaha Nmax generasi baru jika dilihat sepintas hampir menyerupai dengan Yamaha X-Max yang merupakan varian di atas Yamaha Nmax.

NMax 155 2018
Jajaran BOD Yamaha Indonesia Motor Manufacturing foto bersama Yamaha NMax 155 2018 (Carmudi Indonesia/Zainal)

Fitur Yamaha Nmax Terbaru

Soal fitur, Yamaha memberikan fitur yang cukup banyak menurut kami kepada sepeda motor yang satu ini. Yang pertama adalah mesin. Mesin Yamaha Nmax terbaru ini sudah dibekali dengan teknologi blue core dan VVA. Teknologi ini diklaim mampu membuat mesin 155 cc Yamaha Nmax ini lebih efisien bahan bakar. Selain itu, tenaga yang dihasilkan serta torsi yang akan didapatkan juga akan lebih maksimal di setiap putaran mesin. Buat yang suka kebut-kebutan, motor ini cukup mampu menjadi solusinya.

Fitur selanjutnya adalah start motor generator (SMG) yang kini ditanamkan. Pada varian sebelumnya, Yamaha Nmax kerap dikeluhkan karena memiliki suara starter dan idle mesin yang berisik dibanding Honda PCX. Kini, Yamaha menambahkan fitur SMG kepada Yamaha Nmax terbaru agar mesin menjadi lebih halus saat dinyalakan. Ada juga start/stop system button yang kini dipasangkan di sepeda motor tersebut. Sehingga pengendara tak perlu membuang konsumsi bahan bakar motor pada saat macet.

Yamaha Nmax generasi baru.
Yamaha Nmax generasi baru.

Selain itu, ada satu fitur baru yang menurut kami ini baru ada perdana di kelasnya. Yakni fitur traction control system (TCS) dan koneksi melalui gadget. TCS yang tertanam pada Yamaha Nmax ini akan mengurangi risiko ban belakang menjadi selip. Demi meningkatkan pengereman, rem dengan dual channel ABS pun dipasangkan agar pengereman menjadi semakin maksimal. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kini Yamaha Nmax dibekali dengan fitur koneksi. Fitur tersebut bernama Yamaha Motorcycle Connect (Y-Connect). Fitur ini merupakan fitur pertama yang ada di sepeda motor matik 150 cc di Indonesia.

Koneksi yang dibutuhkan adalah koneksi Bluetooth yang mampu memantau notifikasi handphone, parking location, maintenance kendaraan, konsumsi bahan bakar dan malfunction notifikasi. Agar semakin modern, Yamaha Nmax generasi baru juga sudah dilengkapi dengan fitur keyless (sistem kunci tanpa anak kunci). Fitur ini membuat berkendara semakin praktis, karena disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

Yamaha Nmax generasi baru.
Yamaha Nmax generasi baru.

Ada juga power socket yang bisa mengisi daya handphone, handlebar switch control untuk memilih tampilan informasi dan setting pada speedometer menjadi lebih mudah dengan tombol pengatur yang berada di handle sebelah kiri. Di bagian kaki-kaki, terdapat suspensi model sub-tank. Kalau orang Indonesia biasa menyebutnya sok dengan udara. Suspensi ini dapat diatur tingkat kekerasan dan keempukan dari bantingan sepeda motor.

Lampu dan Desain Buritan Yamaha Nmax Terbaru

Jika dulu bagian lampu belakang Yamaha Nmax terlihat sedikit mengotak, di generasi baru ini lebih terlihat sedikit melancip. Jika dilihat desainnya sepintas menyerupai Yamaha X-Max. Lampunya melancip dengan dua warna, kuning dan merah. Merah untuk lampu rem dan kuning untuk lampu sein. Lampu ini sudah dibekali dengan memakai LED. Masih dari lampu, kini Yamaha Nmax dibekali dengan lampu hazard. Hal tersebut sesuai UU No. 22 tahun 2009 Pasal 121 ayat 1 yang menerangkan bahwa hazard berguna untuk memberi tanda dalam situasi darurat.

Yamaha Nmax generasi baru.
Yamaha Nmax generasi baru.

Instrument Cluster Lebih Modern

Sejatinya motor ini memang memiliki kapasitas bagasi yang cukup besar. Makanya, banyak orang yang ingin membeli Nmax untuk digunakan sehari-hari karena mampu membawa barang banyak. Hal berbeda lainnya adalah desain instrument cluster yang baru. Yamaha Nmax kini dibekali dengan digital speedometer yang modern dan informatif bagi pengendara.

Skutik ini juga dilengkapi dengan indikator Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) Apps, Pesan & Telepon, TCS*, VVA dan Temperatur Mesin. Untuk warnanya sendiri, Yamaha menawarkan beberapa pilihan untuk Nmax generasi baru ini. Mulai dari matte blue, white, matte black dan matte red. Sayangnya, Yamaha masih menutup informasi mengenai harga dari sepeda motor ini.

Spesifikasi Lengkap Yamaha Nmax Generasi Baru 2019

Mesin

Tipe MesinLiquid cooled 4-stroke, SOHC
Jumlah/Posisi SilinderSingle Cylinder
Kapasitas Mesin155cc
Diameter x Langkah58,0 mm x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi11.6 : 1
Daya Maksimum11.3 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum13.9Nm / 6500rpm
Sistem StarterElectric Starter
Sistem PelumasanBasah
Kapasitas Oli MesinTotal – 1,00 L ; Berkala 0,90 L
Sistem Bahan BakarFI (Fuel Injection)
Tipe KoplingKering, Centrifugal Automatic
Tipe TransmisiV-belt Automatic

Dimensi

P x L x T(1935 x 740 x 1160) mm
Jarak sumbu roda1340 mm
Jarak terendah ke tanah124 mm
Tinggi tempat duduk765 mm
Berat isi132 kg
Kapasitas tangki bensin7.1 L

Rangka

Tipe RangkaUnderbone
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangUnit Swing
Ban Depan110/70 – 13 M/C 48P
Ban Belakang130/70 – 13 M/C 63P
Rem DepanHydraulic Single Disc Brake
Rem BelakangHydraulic Single Disc Brake

Kelistrikan

Sistem pengapianTCI
BatteryYTZ7V
Tipe BusiNGK/CPR8EA-9

 

Yamaha Nmax generasi baru.
Yamaha Nmax generasi baru.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Ketahui Penyakit yang Sering Dialami Yamaha NMax dan Solusinya

Previous post
Nissan Lebih Pilih Hidupkan Datsun di India Ketimbang Indonesia dan Rusia
Next post
Mobil Listrik DFSK Segera Meluncur, Kapan Infrastruktur Pengisian Ulang Baterai Dibangun?

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *