Reviews

Review Spesifikasi Honda Civic Ferio, Sedan Keren Rp60 Jutaan

Honda Civic Ferio adalah salah satu mobil dari era 1990-an yang masih banyak dicari orang sampai sekarang. Jika Anda termasuk salah satunya, mari simak review dari spesifikasi Honda Civic Ferio yang sudah tim Carmudi siapkan.

Review dan Spesifikasi Honda Civic Ferio 1996

(Foto: Wikimedia)

Ada pendapat yang mengatakan bahwa era 1990-an adalah masa-masa keemasan dunia otomotif. Hal itu dikarenakan banyak mobil-mobil keren yang hadir di era ini.

Mobil-mobil tersebut datang dengan membawa style retro yang khas, tetapi juga dibekali mesin atau teknologi lebih canggih.

Ambil contoh Honda Civic Ferio. Dari sisi desain kita masih bisa melihat siluet bodi yang mirip dengan Genio sebagai pendahulunya.

Bodinya terlihat sporty tanpa melepas konsep sebagai sedan kompak. Tapi pada aspek performa Ferio mendapat pembaruan yang cukup signifikan.

Mungkin masih banyak awam yang belum mengetahui bahwa Ferio adalah model Civic pertama yang dilengkapi dengan teknologi katup variabel legendaris milik Honda, yaitu Variable Valve Timing and Lift Electronic (VTEC).

Walaupun pada dasarnya Honda sudah memiliki teknologi tersebut sejak 1989. Namun kala itu pengaplikasiannya masih terbatas pada mobil-mobil berperforma tinggi milik mereka.

Review Spesifikasi Honda Civic Ferio

Belum lengkap rasanya jika review spesifikasi Honda Civic Ferio tak ikut menyertakan sejarah mobil ini.

Secara sekilas mobil ini dipasarkan pertama kali pada 1996. Usianya kurang lebih hanya lima tahun sebelum pabrikan menggantikannya dengan Civic ES.

Kalau diurut dari Honda Civic model pertama berarti Civic Ferio adalah generasi keenam dengan kode rangka EK.

Persaingan di era 1990-an didominasi oleh mobil berjenis sedan. Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) masih membentuk pasar dan belum sebesar sekarang.

Civic Ferio menjadi andalan Honda untuk melawan mobil sekelas, seperti halnya Toyota New Corolla, Mitsubishi Lancer CK4, dan Mazda Familia.

Dari model-model yang sudah disebut disebutkan di atas, Ferio dan Corolla menjadi model yang masih cukup sering terlihat berseliweran di jalan raya. Hal ini sedikit banyak membuktikan kesuksesan penjualan dan kualitasnya.

Civic Ferio adalah primadona pada masanya terutama di mata anak muda yang menginginkan kendaraan dengan konsumsi bahan bakar irit, pengendalian baik, dan nyaman.

Di samping itu mesin berkapasitas 1.600 cc yang digunakannya juga cukup irit. Tak ketinggalan desain bodi yang sporty juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Civic Ferio.

Eksterior Honda Civic Ferio

(Foto: Wikimedia)

Eksterior

Kompak adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan Civic Ferio. Di atas kertas dimensi mobil ini relatif mungil dibanding para rivalnya. Sebagai gambaran Ferio punya dimensi P 3.995 mm x L 1.615 mm x T 1.385 mm.

Untuk sisi panjang dan lebarnya, Ferio lebih kecil dibanding Toyota Corolla, Mitsubishi Lancer, dan Mazda Familia. Produk dari Mazda tercatat memiliki bodi paling bongsor dengan ukuran P 4.400 mm x L 1.710 mm x T 1.380 mm.

Walau begitu Ferio masih unggul untuk dimensi ke atas yang secara logika bisa menghasilkan headroom lebih baik di dalam kabinnya.

Desain secara keseluruhan mobil ini diisi lekuk bodi lebih tegas dibanding Genio. Sisi depan kendaraan kini memiliki gril dan headlamp yang dibuat lebih besar. Jalur angin masuk di bawah bumper depan tetap dipertahankan tapi bentuknya juga tambah melebar.

Di pasar mobil bekas Anda akan akan menjumpai Ferio yang dilengkapi fog lamp atau tidak. Menurut informasi hal ini dikarenakan keberadaan lampu kabut bersifat opsional pada model ini.

Kemudian untuk visual sampingnya, mobil ini tetap memiliki lampu sein yang berada di dekat fender depan mirip Genio. Sementara itu kaki-kakinya dikawal pelek 14 inci.

Interior Honda Civic Ferio

(Foto: Wheelsage)

Interior

Layaknya sebuah mobil sedan interior Civic Ferio memiliki kapasitas lima bangku penumpang. Dari hasil penelusuran, dalam kondisi orisinil joknya dilapisi bahan kain.

Jok depan telah dilengkapi headrest untuk menunjang kenyamanan. Fasilitas tersebut tak bisa ditemui pada bangku belakang. Tapi penumpang di sana mendapatkan sandaran tangan di tengah.

Bagian dasbor memiliki layout yang sederhana. Mirip apa yang bisa ditemukan pada Corolla. Sebagai perbandingan Lancer CK5 layout dasbor yang lebih mencolok dengan aksen melengkung dari sisi pengendara hingga bagian tengah.

Khusus Civic Ferio, Anda akan menjumpai head unit 2DIN dan kisi-kisi Air Conditioner (AC) dikelompokkan dalam satu cluster yang berada di tengah-tengah. Hal tersebut menjadikan tampilan dasbor terlihat clean.

Pengaturan AC sudah barang tentu masih manual lebih tepatnya model tuas geser. Hal ini berlaku untuk pengaturan besar kecilnya kipas dan arah semburannya.

Namanya mobil dari tahun 1990-an, tachometer dan speedometer juga masih menggunakan jarum.

Sementara itu lingkar setirnya juga polos begitu saja. Jangankan tombol cruise control, fitur audio steering switch juga belum bisa ditemui pada mobil ini.

Faktanya, fitur yang minim bisa jadi salah satu kekurangan Civic Ferio. Anda yang berniat memilikinya mesti tahu bahwa mobil ini juga belum dilengkapi ABS dan kantung udara.

Mesin Civic Ferio

(Foto: Pusat Mobil Online)

Mesin

Selanjutnya mari kita review spesifikasi Honda Civic Ferio untuk bagian mesin.

Seperti sudah disinggung di awal bahwa Ferio merupakan Civic pertama yang dibekali dengan teknologi katup variabel VTEC. Tapi VTEC itu sendiri ada beberapa jenis.

Seperti diketahui, Civic Ferio menggunakan mesin berkode D16Y5 yang memiliki konfigurasi 4 silinder. Jika dalam kondisi sehat maka mesin berkapasitas 1.600 cc tersebut bisa menghasilkan tenaga 125 Hp serta torsi 148 Nm.

Nah, VTEC yang bisa ditemui pada mesin seri D Honda lebih condong untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Lebih tepatnya Civic Ferio menggunakan VTEC-E yang tak lain adalah versi awal VTEC yang dibuat untuk mesin SOHC pabrikan tersebut.

Karakteristiknya diset agar bisa meningkatkan efisiensi di putaran mesin rendah dan mempertahankan performa di putaran menengah selayaknya mesin non VTEC.

Di Indonesia Anda bisa mendapatkan Civic Ferio yang dibekali transmisi manual 5 kecepatan atau otomatis 4 kecepatan.

Review dan Spesifikasi Honda Civic Ferio

(Foto: Pinterest)

Kesimpulan Review Spesifikasi Honda Civic Ferio

Dapat disimpulkan Honda Civic Ferio adalah sedan kompak yang memiliki mesin dengan kapasitas 1.600 cc, 4 silinder, SOHC. Kehadirannya ditujukan sebagai rival dari mobil sekelasnya, antara lain Toyota New Corolla, Mitsubishi Lancer CK5, atau Mazda Familia.

Walau usianya sudah tak muda lagi, namun mobil ini masih banyak dicari sampai saat ini. Di pasar mobil bekas harga Civic Ferio berada di angka Rp60 jutaan.

Desain eksterior yang kompak dan sporty menjadi salah satu alasan orang mencarinya. Tapi selain itu mesin yang dimilikinya juga tergolong hemat bahan bakar. Faktor lain yang mendorong orang untuk membelinya adalah faktor kenyamanan.

Walau begitu mesti diakui Civic Ferio tetap memiliki kelemahan. Poin minus tersebut antara lain minimnya fitur keselamatan, tarikan awal lemah, dan sektor kaki-kaki terutama bushing arm-nya kerap bermasalah.

Spesifikasi Honda Civic Ferio
Jenis mesinD16Y5, 4 silinder, SOHC
Kapasitas 1.600 cc
Jumlah katup16 katup
Tenaga125 Hp @ 6.400 rpm
Torsi148 Nm @ 5.500 rpm
TransmisiManual 5 kecepatan atau otomatis 4 kecepatan
P x L x T3.995 mm x 1.615 mm x 1.385 mm

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts