Home » Berita » Apa Alasan Nissan X-Trail Kini Hanya Satu Varian? Ini Spesifikasi Lengkapnya

Apa Alasan Nissan X-Trail Kini Hanya Satu Varian? Ini Spesifikasi Lengkapnya

GIIAS 2019

Nissan X-Trail di GIIAS 2019
Nissan X-Trail generasi terbaru meluncur di GIIAS 2019. (Foto: Rizen)

Tangerang Selatan – Memanfaatkan momen GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 PT Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkan X-Trail terbaru dengan varian spesifikasi tertinggi. Ya, jika sebelumnya NMI memasarkan X-Trail dalam berbagai varian, namun pada generasi terbaru ini hanya tersedia satu pilihan varian saja.

Hanna Maharani, Head of Communication PT NMI mengatakan bahwa sebelum mendatangkan Nissan X-Trail terbaru, pihaknya terlebih dahulu melakukan studi ke konsumen. Hasilnya rata-rata konsumen lebih memilih untuk langsung membeli mobil varian atas.

“Setelah kami melihat dari hasil studi konsumen, memang yang paling dibutuhkan varian yang premium. Makanya kami mempertimbangkan cukup varian tertinggi ini yang kami perkenalkan ke pasar karena itu memenuhi kebutuhan mereka,” kata Hanna di GIIAS 2019, Selasa (23/7/2019).

New Nissan X-Trail 2019
New Nissan X-Trail tampak samping di GIIAS 2019. (Foto: Carmudi/Santo)

Sport Utility Vehicle (SUV) ini sudah dibekali oleh bermacam-macam fitur canggih. Jadi wajar bila harganya tembus setengah miliar atau Rp530 juta (on the road Jakarta). Sama seperti model baru pada umumnya, fitur-fitur yang sudah tersemat di generasi terbaru tidak bisa dipasangkan pad model lama.

“Kalau upgrade ke teknologi ini (X-Trail baru) ke X-Trail sebelumnya tidak bisa. Ini (fitur-fitur baru) hanya ada di X-Trail terbaru,” sambung Hanna.

New Nissan X-Trail 2019
New Nissan X-Trail 2019 tampak belakang. (Foto: Carmudi/Santo)

Spesifikasi Fitur Keamanan New X-Xtrail Terbaru

Nissan X-Trail terbaru telah dibekali dengan sejumlah fitur keamanan canggih terbaru yang tergabung dalam Nisan Intelligent Mobility (NIM).

Setidaknya ada delapan fitur keamanan NIM yang sudah terpasang di X-Trail terbaru, seperti Intelligent Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Warning, Around View Monitor with Moving Object Detection, High Beam Assist, Cruise Control, Forward Emergency Brake, Forward Collision Warning, dan Lane Departure Warning.

New Nissan X-Trail 2019
Interior bagian depan New Nissan X-Trail 2019. (Foto: Carmudi/Santo)

Sebagian fitur yang disematkan berguna untuk membantu pengemudi mengendalikan kendaraan supaya terhindar dari risiko kecelakaan. Akan tetapi fitur-fitur tersebut hanya bersifat membantu saja, risiko mobil tertabrak atau tidak, kembali lagi pada fokus pengemudi.

“Ini hanya fitur yang membantu kita pada akhirnya bagaimana kita bisa berkendara dengan selamat tergantung pengendaranya sendiri. Fitur ini sebenarnya tujuannya untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan yang fatal,” ungkap Senior Manager R&D PT Nissan Motor Indonesia, Jauhari Adzannis pada kesempatan yang sama.

Dirinya memberikan contoh, salah satunya adanya satu fitur Forward Emergency Brake. Fungsinya mengoperasikan rem secara otomatis untuk menghindari tabrakan, terutama depan.

“Kami sudah melakukan pengetesan, memang benar mobil berhenti. Jadi intinya fitur keamanan canggih hanya secondary support artinya segala sesuatu itu sebenarnya dari pengendara. Dan seandainya pengendara kehilangan kepekaan terhadap keamanan berkendara sistem atau fitur ini bisa membantu mengurangi risiko kecelakaan,” pungkas Jauhari.

New Nissan X-Trail 2019
Tampilan bagian belakang bawah New Nissan X-Trail. (Foto: Carmudi/Santo)

Cukup bicara soal fitur, di sektor dapur pacu, SUV andalan Nissan ini pun masih mengandalkan mesin lama. Nissan X-Trail didukung mesin berkapasitas 2.5 liter yang dapat menggelontorkan daya sebesar 168 HP dan torsi puncak 233 Nm.

Nissan X-Trail terbaru tersedia dalam 5 pilihan warna, yaitu Monarch Orange, Storm White, Brilliant Silver, Deep Iris Gray, dan Black Star. (dms)

Jarak Sumbu Roda2.705 mm
Ground Clearance210 mm
Panjang4.690 mm
Lebar1.830 mm
Tinggi1.740 mm
Bobot Bersih1.604 mm
Total Bobot2.170 mm

Rem DepanVentilated Disc
Rem BelakangDisc
Suspensi DepanIndependent MacPherson Strut with Stabilizer Bar
Suspensi BelakangIndependent Multi-link with Stabilizer Bar
Ukuran Ban225/55 R19
Previous post
Spesifikasi Lengkap Suzuki Jimny, Sang Legenda yang Punya Brake LSD
Servis mobil Wuling
Next post
Wuling Motors Beri Jaminan Servis Mobil Tidak Lebih dari 3 Hari