Home » Berita » Toyota Indonesia Buka-bukaan Soal Mini SUV Raize

Toyota Indonesia Buka-bukaan Soal Mini SUV Raize

Toyota Raize masih dalam tahap studi untuk masuk pasar Indonesia. (Foto: Toyota)

Jakarta – Bertepatan dengan Tokyo Motor Show (TMS) 2019, Toyota Motor Corporation (TMC) meluncurkan mini Sports Utility Vehicle (SUV) Toyota Raize. Mobil ini merupakan hasil pengembangan bersama antara TMC dan Daihatsu Motor Co. Daihatsu menamakan mobilnya dengan sebutan Rocky.

Ini bukan kali pertama kolaborasi keduanya. Sebelumnya sudah ada AvanzaXenia, RushTerios, AgyaAyla, dan CalyaSigra.

Baik Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky akan terlebih dahulu dipasarkan di Jepang. Namun tidak menutup kemungkinan keduanya dipasarkan di banyak negara termasuk juga Indonesia.

Terkait Toyota Raize, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengaku tidak sedikit konsumen yang menanyakan kehadiran mobil tersebut di Indonesia.

“Jujur saya belum bisa komentar yes or no (untuk mendatangkan Toyota Raize),” ungkap Anton saat teleconference bersama media, Jumat (15/5/2020).

Menurut dia mini SUV tersebut sangat menarik dan bisa mengisi celah kosong di antara Toyota Rush. Namun lanjut Anton, untuk mendatangkan produk baru masuk ke Indonesia perlu dilakukan beberapa kajian supaya perusahaan dan pihak prinsipal bisa menetapkan apakah mobil baru itu layak atau tidak dirilis di dalam negeri. Khusus mini SUV sendiri saat ini pihaknya tengah mempelajarinya.

“Memang kami sangat serius untuk mempelajarinya. Hal ini sudah kami sampaikan juga kepada prinsipal. Jadi mungkin, mudah-mudahan ke depannya kami bisa ada harapan untuk produk ini. Tapi sementara ini kami belum bisa berikan konfirmasi yang pasti,” terang Anton.

Menggunakan Platform Baru

Toyota Raize dibangun di atas platform Daihatsu terbaru, DNGA. (Foto: Toyota)

Sama seperti saudara kembarnya, Toyota Raize dibagun menggunakan platform terbaru yaitu Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Panjang Toyota Raize 3.995 milimeter (mm), lebar 1.620 mm dan tinggi 1.695 mm, serta memiliki jarak sumbu roda 2.525 mm. Mobil ini menawarkan kapasitas penyimpanan barang di bagasi belakang 369 liter.

Toyota Raize dilengkapi mesin 1.000 cc dengan turbo. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sekuat 96 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 140,2 Nm pada rentang 2.400-4.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi transmisi otomatis D-CVT. Toyota juga tengah mempersiapkan Raize dengan pilihan transmisi manual.

Raize juga sudah dibekali dengan sejumlah fitur keamanan dan keselamatan seperti Adaptive Cruise Control dengan All Speed Tracking, Smart Panorama Parking Assist system, Collision Warning Function and Crash Avoidance Braking Function, dan Erroneous Start Prevention Function with braking control.

Di Jepang Toyota Raize dijual dengan harga mulai dari 1.679.000 yen atau sekira Rp217,7 juta sampai 2.282.200 yen atau Rp296 juta.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Bocoran Terbaru DFSK Glory i-Auto, Sudah Bisa Test Drive

Previous post
Ikut Anjuran Pemerintah, Honda Tak Bangun Posko Mudik
DFSK Glory 560 Interior (Carmudi/Badjora Ibrahim)
Next post
Pemilik Mobil DFSK Wajib Lakukan Ini Supaya Tidak Tumbuh Jamur di Jok