Berita

Alasan Honda Tidak Hadirkan City Hatchback Mesin Turbo ke Indonesia

City Hatchback Turbo

Mesin Honda City Hatchback Versi Indonesia Tidak Dibekali Turbo (Foto: HPM)

Jakarta – Banyak yang menduga Honda City Hatchback yang diluncurkan di Indonesia akan menggendong mesin 1,0 liter turbo. Sebab, bila berkaca dari City Hatchback yang meluncur di Thailand pada November 2020 mesinnya telah dibekali dengan turbo.

Pada kenyataannya, dugaan tersebut meleset. PT Honda Prospect Motor (HPM) justru menghadirkan City Hatchback dengan mesin berkapasitas lebih besar yaitu, 1,5 liter.

Menurut Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, pemilihan mesin City Hatchback tanpa turbo untuk pasar Indonesia telah melalui proses survei yang cukup dalam.

Mesin 1,0 liter turbo di Thailand memang cukup diminati, sebaliknya konsumen di Indonesia kurang begitu tertarik dengan mesin kecil berturbo.

“Kami melakukan studi panjang mengenai peluncuran ini (Honda City Hatchback). Jadi kami menilai bahwa mesin i-VTEC 1,5 liter DOHC ini yang dipakai saat ini benar-benar memenuhi kebutuhan konsumen dalam hal performa dan juga efisiensi bahan bakar,” ungkap Billy saat press conference secara virtual, Rabu (4/3/2021).

Billy menambahkan, apabila kedepannya mesin 1,0 liter turbo menjadi tren dan digemari oleh konsumen, maka bukan tidak mungkin pihaknya akan menghadirkan mesin kecil berturbo.

City Hatchback Turbo

Honda City Hatchback Versi Indonesia dan Thailand hanya berbeda sedikit (Foto: HPM)

“Pasti akan kami pelajari terus tren dan kebutuhan konsumen kedepannya seperti apa. Jadi enggak menutup kemungkinan, demi menciptakan produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar,” terang dia.

Dengan ditawarkannya City Hatchback bermesin 1,5 liter, lanjut Billy ini sudah sangat baik bagi konsumen di Indonesia.

Mesin Honda City Hatchback Versi Thailand dan Indonesia

Honda City Hatchback yang diniagakan di Thailand dibekali mesin bensin berkapasitas 1.0 liter (998 cc) VTEC Turbo tiga silinder dengan tenaga 120 Hp pada 5.500 rpm dan torsi 173 Nm pada rentang 2.000 hingga 4.500 rpm. Tenaga dikirim ke roda melalui transmisi otomatis jenis CVT.

Di Indonesia, PT HPM membawa Honda City Hatchback bermesin 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW. Tenaga yang dihasilkan mencapai 119 Hp dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.300 rpm. Pilihan transmisinya ada dua, otomatis CVT atau manual enam percepatan.

City Hatchback turbo

Honda City Hatchback untuk pasar Thailand menggunakan mesin turbo (Foto: Indianautosblog)

Selain dari sisi mesin, sistem transmisi City Hatchback versi Thailand dan Indonesia juga berbeda. Di mana, hanya Indonesia saja yang menyediakan transmisi manual 6 percepatan, sedangkan di sana tidak ada.

Seperti diketahui, Honda City Hatchback RS mengusung konsep “Elevate Your Move” yang mewarisi berbagai keunggulan dari ciri khas model City, sekaligus karakter hatchback Honda. Antara lain, desain eksterior yang stylish, ruang belakang yang luas, panel instrumen berkualitas tinggi dan fitur canggih yang melebihi ekspektasi di kelasnya.

Performa berkendara yang menyenangkan serta hemat bahan bakar, juga menjadi salah satu daya tarik model ini, terutama di kalangan konsumen anak muda.

Honda City Hatchback RS tersedia dalam 6 pilihan warna, di antaranya Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan varian warna terbaru adalah Meteoroid Gray Metallic.

Harga Honda City Hatchback akan diumumkan bulan depan.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts