Berita

Alasan Pandemi, Audi Kembali Tunda Bangun Pabrik di Indonesia

Jakarta –Audi melalui PT Garuda Mataram Motor (GMM) memiliki niat untuk membangun pabrik perakitan mobil di Indonesia. Rencana tersebut sudah bergulir sejak beberapa tahun lalu, tapi selalu tertunda karena berbagai alasan.

Audi diketahui telah melakukan penjajakan untuk mendirikan pabrik tempat perakitan mobil sejak 2011 lalu. Namun hingga memasuki 2016, pabrik mobil Audi tak kunjung dibangun.

Pabrik Mobil Audi

New Audi A5 meluncur di Indonesia (Foto: Carmudi)

Presiden Direktur PT GMM Andrew Nasuri kala itu mengatakan pembangunan pabrik mobil Audi ditunda. Dirinya beralasan karena pada akhir 2015 Audi terseret kasus dugaan kecurangan dalam uji emisi mesin diesel.

Akibat kasus tersebut, pihak prinsipal Audi di Jerman memutuskan untuk melakukan penghematan operasional perusahaan. Sehingga menyebabkan rencana Audi merakit mobil secara lokal di Tanah Air gagal terwujud.

Seolah tak mau patah arang, GMM sampai saat ini masih berniat membangun pabrik mobil khusus Audi. Namun, lagi-lagi ada saja cobaan yang membuat pihaknya kembali menunda pembangunan pabrik.

“Audi ada rencana melakukan perakitan mobil di Indonesia. Sebenarnya rencana ini sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Tetapi, oleh karena terjadinya pandemi Covid-19 ini sempat tertunda,” ungkap Stefan Hutahayan Brand Manager PT GMM, di sela peluncuran New Audi A5 secara virtual di Jakarta, Selasa (9/6/2021).

Dirinya berharap semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu supaya niat awal GMM tersebut dapat segera terealisasi.

All New Audi A6 (Foto: GMM)

“Mudah-mudahan dengan recovery dari kondisi Covid-19 ini, dapat dimulai lagi rencana pendirian pabrik. Mungkin di tahun depan dan mungkin bisa terealisasi di tahun 2023 atau 2024,” sambung dia.

Sejauh ini, GMM sendiri belum mau mengungkapkan detail rencana Audi, termasuk lokasi pabrik dan model yang akan diproduksi lokal.

“Rencana masih tahap awal, begitu juga dengan model yang akan dirakit. Karena pandemi Covid-19 ini banyak perubahan yang mesti dilakukan,” kata Herry Noverino Head of Marketing & PR Dept PT GMM.

GMM Berencana Luncurkan Dua Mobil Baru Audi

Sebagai upaya mengenjot penjualan di tahun ini, GMM berencana meluncurkan mobil baru Audi di Indonesia sepanjang 2021.

“Tahun ini ada 2 model yang akan diluncurkan,” tutur Herry.

New Audi A5

Audi A5 terbaru datang dalam dua model, yaitu Sportback dan Coupe (Foto: Carmudi)

Satu dari dua model tersebut baru saja diluncurkan yaitu New Audi A5. Mobil bernuansa sport ini tersedia dalam dua model, Sportback dan Coupe.

Model andalan Audi ini telah mendapat serangkaian ubahan di sektor eksterior dan interior. Harga yang ditawarkan cukup tinggi, yaitu Rp1.248.000.000 (off the road).

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *