Berita

April 2021, Sigra Jadi Mobil Terlaris Daihatsu

Jakarta – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menorehkan penjualan positif sepanjang April 2021, dengan Sigra sebagai mobil terlaris.

Selain ditopang oleh Sigra, faktor pendukung lain yang membuat penjualan Daihatsu meningkat pada bulan keempat tahun ini karena adanya kebijakan insentif PPnBM o%.

Data ADM menunjukkan penjualan ritel mobil Daihatsu selama April 2021 sebanyak 13.673 unit. Angka tersebut naik cukup tinggi sekira 10,6% jika dibandingkan dengan Maret 2021.

Sigra Mobil Terlaris

Daihatsu Sigra mobil terlaris April 2021 (Foto: Carmudi/Rizen)

Pencapaian tersebut membuat market share Daihatsu pada April 2021 naik menjadi 17,2%, lebih besar dibandingkan Maret 2021, yang hanya mencapai 16,0%.

Penyumbang tertinggi penjualan Daihatsu datang dari Sigra, dengan jumlah mobil yang terjual sebanyak 3.591 unit atau berkontribusi 26,3% dari total penjualan ritel Daihatsu April 2021 sekaligus menjadi mobil terlaris Daihatsu bulan lalu.

Mobil Daihatsu terlaris kedua setelah Sigra adalah Gran Max Pick Up (PU). Di bulan yang sama, pikap andalan Daihatsu itu berhasil menorehkan penjualan sebanyak 3.381 unit, atau berkontribusi sebesar 24,7%.

Di posisi selanjutnya ada Daihatsu Terios yang mencatatkan penjualan sebanyak 2.481 unit (18,1%).

Sementara, model lain yang juga turut memberikan kontribusi positif bagi penjualan Daihatsu secara nasional adalah Ayla yang berhasil terjual sebanyak 1.844 unit atau berkontribusi 13.5%.

Berikutnya ada Grand Max Mini Bus (MB) 1.193 unit (8,7%, Xenia 823 (6,0%), serta Luxio dan Sirion meraih penjualan sebesar 360 unit atau berkontribusi 2,6%.

Mobil Daihatsu terlaris 2021

Mobil Daihatsu Terios terlaris ketiga di bawah Gran max PU dan Sigra (Foto: ADM)

Daihatsu optimis, pasar mobil di bulan selanjutnya akan tetap bergairah seperti yang terjadi pada bulan Maret dan April 2021. Kami mendukung himbauan pemerintah untuk tidak mudik, karena Daihatsu percaya himbauan ini akan menekan penyebaran Covid-19, sehingga ekonomi Indonesia bisa kembali kondusif,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM, dalam keterangan resminya, Selasa (11/5/2021).

Daihatsu Tambah Satu Model Baru

Menunjukkan eksistensinya di industri otomotif dalam negeri, PT ADM baru-baru ini meluncurkan model baru hasil kolaborasi dengan Toyota. Model baru tersebut adalah Daihatsu Rocky.

Kehadiran Rocky diprediksi akan menambah volume penjualan Daihatsu pada Mei 2021. SUV kompak ini ditargetkan terjual sebanyak 500 unit per bulan.

Penjualan Daihatsu Rocky

Penjualan Daihatsu ditargetkan 500 unit pe bulan (Foto: ADM)

Daihatsu Rocky mulai diproduksi di pabrik milik ADM di Karawang, Jawa Barat sejak akhir April lalu bersama kembarannya Toyota Raize.

Pada tahap awal, hasil produksi dari pabrik tersebut akan difokuskan untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik terlebih dahulu.

Rencananya Rocky akan diekspor ke 50 negara dengan menggunakan logo Toyota dimulai pada Agustus tahun ini.

Daihatsu menawarkan Rocky dalam lima varian, yaitu 1.0 R TC MT, 1.0 R TC MT ADS, 1.0 R TC CVT, 1.0 R TC CVT ADS, dan 1.0 R TC CVT ASA.

Harga yang ditawarkan untuk varian terendah Rp214,2 juta, sedangkan varian tertinggi Rp236,1 juta (OTR Jakarta).

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts