Tips dan Trik

Cara Cermat Hindari Bahaya Saat Berkendara Sepeda Motor Ketika Hujan

Berkendara Sepeda Motor

Menghindari Potensi Bahaya Saat Berkendara sepeda motor di Musim Hujan (Foto: YIMM)

Jakarta – Tidak disarankan berkendara sepeda motor ketika hujan lebat sebab dinilai bahaya, dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Apabila hujan turun sebaiknya mencari tempat teduh dan nyaman tanpa mengganggu pengguna jalan lain.

Jika terpaksa harus berkendara sepeda motor saat hujan karena ada alasan mendesak, sebaiknya persiapkan diri terlebih dahulu. Termasuk menyiapkan alat pelindung diri dan memastikan sepeda motor dalam keadaan prima.

”Faktor pengendara, kendaraan, lingkungan, atau cuaca sangat mempengaruhi saat berkendara di musim hujan. Kita wajib menjalankan safety riding untuk menjaga diri sendiri dan pengendara lainnya, khususnya menghindari potensi bahaya saat berkendara di musim hujan,” ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA, Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Cara Menghindari Bahaya saat Berkendara Sepeda Motor

Antonius menambahkan, ada beberapa cara cerdas untuk menghindari bahaya berkendara sepeda motor ketika hujan lebat turun.

Baca Juga:

Jaga jarak aman

Berkendara sepeda motor dalam kondisi hujan atau jalan basah diperlukan pengaturan jarak dengan kendaraan lain. Sebab, jalan yang berair sangat licin sehingga traksi atau daya cengkeram pada roda motor berkurang.

pengendara motor saat musim hujan dan angin kencang

Para pengendara motor harus ekstra hati-hati saat musim hujan dan angin kencang. (Foto: carmudi.co.id)

Waspada

Pengendara harus lebih waspada dan jangan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Perhatikan pula kendaraan di sekitar dan jalan yang hendak dilalui, pastikan tidak berlubang.

Mengatur Penggunaan Rem

Lakukan pengereman dengan halus dan perlahan karena saat kondisi hujan traksi atau daya cengkeram roda terhadap permukaan jalan yang basah menjadi berkurang.

Atur tekanan rem dan jaga jarak pengereman agar sepeda motor lebih mudah dikendalikan.

Gunakan Safety Gear

Jangan lupa mengenakan pelindung diri atau safety gear untuk mencegah cedera parah apabila mengalami kecelakaan di jalan raya.

Adapun safety gear yang wajib digunakan ialah jas hujan model setelan (atasan dan bawahan), helm dengan visor bening, sepatu anti air atau berbahan karet, dan sarung tangan.

Baca Juga:

Berkendara sepeda motor

Jangan lupa kenakan pelindung diri saat berkendara sepeda motor ketika hujan (Foto: YIMM)

Sepeda Motor Layak Jalan

Salah satu faktor penyebab kecelakaan adalah kondisi kendaraan yang kurang baik. Untuk menghindarinya perhatikan hal berikut :

  • Kondisi rem yang pakem
  • Kembangan ban yang bagus atau tidak gundul
  • Tekanan ban yang sesuai dengan standar yang disarankan pabrikan
  • Electrical atau lampu depan dan belakang berfungsi baik
  • Kondisi cover body yang baik, tidak terbuka. Karena air yang masuk dapat menyebabkan korsleting di bagian komponen electrical
  • Selalu persiapkan kendaraan dengan baik dan lakukan perawatan secara berkala agar kondisi kendaraan selalu prima.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts