Home » Berita » Catat, Ini Waktu dan Tanggal Peluncuran Toyota Corolla Cross di Indonesia

Catat, Ini Waktu dan Tanggal Peluncuran Toyota Corolla Cross di Indonesia

Toyota Corolla Cross (Foto: TMC)

Jakarta – Janji PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota untuk mendatangkan Corolla Cross ke Indonesia ditepati. Sebelumnya Anton Jimmi Suwandy Marketing Director PT TAM pada awal Juli lalu pernah mengutarakan bahwa pihaknya akan meluncurkan Corolla Cross. Namun kala itu dirinya menolak menyebutkan jadwal pasti peluncuran dari Sport Utility Vehicle (SUV) itu.

“Betul TAM akan meluncurkan Corolla Cross dan ada yang hybrid-nya juga,” kata Anton, melalui pesan singkat kepada Carmudi, Jumat (10/7/2020).

Setelah beberapa minggu dirahasiakan, akhirnya lewat undangan resmi yang masuk ke redaksi Carmudi, terkuak waktu dan tanggal peluncuran Toyota Corolla Cross.

“Melalui surat ini PT Toyota Astra Motor mengundang rekan media untuk menyaksikan acara Corolla Cross: Two Sides of the Finest Digital Launch,” demikian petikan isi surat undangan yang Carmudi terima, Rabu (29/7/2020).

Isi dari surat undangan tersebut juga menyebutkan bahwa peluncuran Toyota Corolla Cross akan dilaksanakan pada Kamis, 6 Agustus 2020. Sama seperti Toyota Agya terbaru, peluncuran mobil baru Toyota pesaing Mitsubishi Outlander PHEV, Honda HR-V, dan Mazda CX-30 itu akan dilakukan secara digital.

Waktu pelaksanannya pada pukul 11:00 WIB, disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Toyota Indonesia. Berhubung ini kegiatan peluncuran secara digital, maka semua orang dapat menyaksikannya.

Toyota Corolla Cross (Foto: TMC)

Spesifikasi Toyota Corolla Cross

Sejauh ini TAM belum mempublikasikan spesifikasi resmi Toyota Corolla Cross yang diperuntukkan bagi pasar Indonesia. Namun sebagai gambaran bisa merujuk ke spesifikasi Corolla Cross yang telah lebih dahulu diniagakan di Thailand.

Di pasar Thailand, Toyota Corolla Cross ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Pilihan pertama mesin bensin tipe 2ZR-FBE berkapasitas 1,8 liter empat silinder. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga sekuat 138 hp pada 6.000 rpm dan torsi 177 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi Super CVT-i.

Pilihan kedua ada versi hybrid bermesin tipe 2ZR-FXE 1.8 litre yang dikawinkan dengan transimsi e-CVT sehingga menghasilkan tenaga 98 hp pada 5.200 rpm dan 142 Nm pada 3.600 rpm. Mesin dipasangkan dengan baterai untuk menggerakkan motor listrik dengan tenaga 71 hp dan torsi 163 Nm. Jika keduanya bekerja secara bersamaan maka total tenaga yang dihasilkan mencapai 120 hp.

Mobil ini dibangun menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), memungkinkan Corolla Cross memiliki kinerja berkualitas.

Di Thailand Toyota Corolla Cross hadir dalam empat varian. Antara lain Corolla Cross 1.8 Sport dijual dengan harga 989.000 baht atau sekira Rp458 juta, Corolla Cross Hybrid Smart 1.019.000 baht (Rp472 jutaan), Corolla Cross Hybrid Premium 1.089.000 baht (Rp504 jutaan) dan Corolla Cross Hybrid Premium Safety dibanderol 1.199.000 (Rp555 jutaan).

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Bukan Cuma New Xpander, Mitsubishi Juga Akan Hadirkan Xpander Hybrid

Previous post
Kerap Pamer Mobil Mewah, Putra Siregar Mengaku Lebih Memilih Sepeda Motor
Next post
Mercedes Benz C200 W202, Sedan Tua Tapi Masih Oke Buat Anak Muda