Berita

Daihatsu Ungkap Mengapa Inden Rocky Lebih Cepat dari Toyota Raize

Jakarta –Daihatsu Rocky dan Toyota Raize sama-sama diproduksi di pabrik milik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang, Jawa Barat. Kendati demikian, masa tunggu atau inden mobil Daihatsu Rocky dan Toyota Raize ke tangan konsumen berbeda-beda.

Saat ini status inden Daihatsu Rocky sekira 1 sampai 2 bulan, sedangkan Toyota Raize mulai 2 bulan.

Inden Daihatsu Rocky

Inden Daihatsu Rocky sekira 1 sampai 2 bulan (Foto: Carmudi/Badjo)

Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM menjelaskan perbedaan target penjualan menjadi salah satu faktor yang membuat inden Raize lebih lama dari Daihatsu Rocky.

Daihatsu menargetkan Rocky varian 1.0L Turbo itu sebulannya terjual 500 unit saja. Sementara Toyota menargetkan Raize lebih banyak. Sedangkan untuk Rocky varian 1.2L, Daihatsu menargetkannya 1.500 unit. Sehingga total target untuk Rocky 2.000 unit tapi variannya berbeda,” katanya belum lama ini.

Berhubung target penjualan Rocky lebih sedikit, lanjut perempuan yang akrab disapa Amel itu, maka inden Rocky khususnya varian 1.0L Turbo lebih pendek. Sementara Toyota menargetkan Raize 1.0L Turbo sebagai mayoritas penjualannya.

“Di tahap awal tentu saja produksi (Rocky dan Raize) hampir sama walaupun lebih besar untuk Toyota. Sebab targetnya lebih besar untuk Raize 1.0, sehingga inden menjadi lebih panjang,” sambungnya.

Sementara untuk Rocky 1.2L dan Raize 1.2L belum diketahui pasti berapa lama inden-nya, karena keran pemesanan untuk kedua produk tersebut baru dibuka kemarin, Kamis (21/62021).

“Nanti kita lihat, bisa jadi inden Rocky 1.2L akan lebih panjang daripada Toyota Raize. Tapi belum tahu, karena baru buka pemesanan untuk inden atau penjualan Rocky 1.2L. Hasilnya seperti apa, belum bisa kita katakan,” terang Amel.

Inden Toyota Raize

Toyota Raize (Foto: Carmudi/Dimas)

Meski begitu, Daihatsu akan berusaha memproduksi Rocky maupun Raize semaksimal mungkin untuk memenuhi permintaan dan pemesanan dari konsumen.

“Kami percaya produksi akan mengimbangi permintaan, karena ADM sudah menyiapkannya lebih baik dari bulan-bulan sebelumnya,” pungkas dia.

Daftar Inden Mobil Daihatsu

Tak hanya Rocky saja, rupanya model Daihatsu lain juga mengalami inden. Masing-masing punya masa tunggu yang berbeda-beda, tapi tidak sampai lebih dari 2 bulan.

  • Xenia inden 1-1,5 bulan
  • Terios inden 1,5-2 bulan
  • Gran Max Minibus inden 1-1,5 bulan
  • Luxio inden 1.5-2 bulan.
Daihatsu Xenia dan Terios

Daihatsu Xenia dan Terios laris manis pasca relaksasi PPnBM (Foto/Carmudi)

“Kalau kita lihat dari masa inden ini, ya paling lama 1 sampai 2 bulan. Apakah itu termasuk yang sangat lama? Ya bisa dibandingkan dengan merek lain, ada yang harus menunggu lebih lama lagi daripada Daihatsu,” ungkap Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Dirinya pun berharap kepada konsumen supaya sabar menunggu untuk mendapatkan varian, transmisi, dan warna mobil yang sesuai dengan pilihan konsumen. Mengingat saat ini pabrik Daihatsu tengah menjalankan protokol kesehatan dan ada sedikit kelangkaan terhadap semikonduktor walaupun tidak terlalu signifikan.

“Kalau biasanya di zaman normal suplai lebih besar dari permintaan. Kami punya stok yang cukup, tapi kalau sekarang stok levelnya di bawah rata-rata yang biasanya kita tentukan. Sehingga kami harus menyampaikan bahwa konsumen mau tidak mau harus bersabar,” tutur Hendrayadi.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts