Berita

Diler Toyota Sudah Buka Order untuk Mobil yang Dapat Diskon PPnBM

Mobil Toyota PPnBM

PPnBM turun, waktu yang tepat beli mobil Toyota (Foto: Auto2000)

Jakarta – Diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) sebesar 100 persen untuk mobil baru segera terbit bulan depan, diler Toyota mulai membuka pemesanan.

Hal ini sengaja dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya masyarakat yang ingin memanfaatkan insentif penurunan tarif PPnBM.

Rencananya diskon PPnBM akan diberikan secara bertahap. Mulai dari Maret sampai Mei, besaran diskon yang diberikan 100 persen, tiga bulan berikutnya 50% dari tarif normal dan 25%. Besaran diskon pajak akan dievaluasi setiap tiga bulan.

“Kalau konsumen sudah yakin datang saja ke diler Toyota Auto2000 ketemu dengan sales. Langsung pesan untuk memastikan konsumen kebagian jatah. Sebab, dalam situasi sekarang produksi itu juga enggak banyak. Oleh karena itu, lebih cepat lebih baik,” ujar Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000, seperti dikutip Carmudi dari kanal Youtube Auto2000, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga:

Lantas mobil baru Toyota apa saja yang mendapat keringan PPnBM? Anton Jimmi Suwandy, PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebutkan setidaknya ada lima model Toyota yang akan turun harga karena imbas PPnBM.

“Mobil-mobil apa yang termasuk di dalam kategori ini ada lima macam, yaitu Toyota Avanza, Rush, Yaris, Vios, dan Sienta. Memang kami sedang menunggu petunjuk teknis lebih detil dari pemerintah seperti apa. Tetapi, karena ini kesempatan terbatas, silahkan daftar ke cabang atau diler Toyota, kalau perlu langsung SPK. Jangan melewatkan kesempatan ini untuk membeli lima model tadi,” ungkap Anton.

Anton menambahkan, di luar dari kelima model tersebut seperti, Toyota Kijang Innova, Fortuner dan lainnya yang bermesin di atas 1.500 cc bahkan kendaraan LCGC tidak akan mengalami perubahan atau penurunan harga bulan depan.

Mobil Toyota PPnBM

Ilustrasi konsumen membeli mobil Toyota (Foto: Auto2000)

“Jangan khawatir banyak penawaran menarik yang kami berikan baik pembelian secara cash maupun kredit. Jadi konsumen enggak perlu bingung lagi, selain lima mobil Toyota tadi tidak ada hubungannya dengan insentif penurunan tarif PPnBM. Jadi harganya akan sama di bulan ini dan Maret,” imbuh Anton.

Pemesanan Mobil Diperkirakan Menumpuk

Diskon PPnBM diperkirakan akan dimanfaatkan oleh banyak masyarakat yang sudah berniat untuk membeli mobil baru.

Menurut Riyanto, selaku Senior Researcher Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat, Universitas Indonesia (LPEM FEB UI), dapat dipastikan pemesanan mobil baru pada periode Maret sampai Mei 2021 akan menumpuk.

“Ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh konsumen dalam membeli mobil di bulan-bulan ini (Maret-Mei),” ungkap Riyanto.

Mobil Toyota PPnBM

Pesanan mobil Toyota diperkirakan menumpung karena banyak konsumen memanfaatkan diskon PPnBM (Foto: Auto2000)

Baca Juga:

Di sisi lain, Riyanto mengapresiasi langkah pemerintah memberikan keringanan pajak bagi konsumen yang membeli mobil baru.

Ini semata-mata dilakukan untuk dapat mendorong kembali industri dan pasar otomotif dalam negeri yang sempat anjlok tahun lalu.

“Yang lebih penting buat ekonomi kita, sebenarnya adalah ini insentif yang menimbulkan efek berganda yang akan meluas pada sektor-sektor yang terkait dengan otomotif. Baik pamasok bahan baku, komponen dan juga termasuk nanti jasa penunjangnya. Jadi ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga ekonomi bisa bergerak kembali,” pungkas Riyanto.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts