Berita

Fakta Terbaru Terkait Kedatangan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize sudah menjadi topik terhangat di kalangan pecinta otomotif​ sejak tahun lalu. Kendati demikian, sampai saat ini PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT. Toyota Astra Motor (TAM) masih menyimpan rapat informasi jadwal peluncuran kedua SUV kompak tersebut.

Sejak awal 2021 banyak sekali rumor soal Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang beredar. Mulai dari harga, spesifikasi hingga waktu peluncurannya di Indonesia.

Rocky dan Raize

Rocky dipastikan jadi mobil baru Daihatsu yang akan meluncur di Indonesia 2021 (Foto: Daihatsu)

Banyaknya rumor yang beredar seolah menunjukkan bahwa kedatangan keluarga baru dari Daihatsu dan Toyota sangat dinanti-nanti. Serta tidak sedikit yang dibuat penasaran oleh kedua saudara kembar tersebut.

Carmudi coba merangkum beberapa fakta terbaru mengenai kedatangan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang dikutip dari berbagai sumber.

Meluncur 28 April 2021

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize diperkirakan meluncur Rabu, 28 April 2021 secara bersamaan lewat tayangan virtual.

Informasi ini bisa saja benar, karena ADM dan TAM baru saja mengirimkan undangan kepada media untuk menghadiri acara Toyota & Daihatsu Collaboration – Sinergi Untuk Negeri.

Diduga dalam acara tersebut ADM dan TAM akan meluncurkan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Kendati isi dari undangan itu tidak menyebutkannya, tapi ini patut dicurigai.

Acaranya sendiri akan ditayangkan langsung di kanal Youtube Toyota Indonesia dan Daihatsu Sahabatku pada pukul 11:00-11:30 wib.

Rocky dan Raize

Daihatsu Rocky meluncur 2021 di Indonesia (Foto: Paultan)

Sudah Bisa Dipesan

Jadwal peluncuran Daihatsu Rocky dan Toyota Raize masih abu-abu, tetapi sejumlah tenaga penjual dari berbagai diler resmi mobil Daihatsu dan Toyota sudah membuka pemesanan untuk model tersebut sejak bulan lalu.

Berdasarkan informasi dari tenaga penjual, konsumen cukup membayar uang tanda jadi atau booking fee sebesar Rp5 sampai Rp10 juta, sebagai bukti keseriusan konsumen memesan Rocky atau Raize.

Harga

Harga kedua mobil baru itu masih belum terungkap. Tetapi bila mengacu pada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) yang ada di Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2021, besar kemungkinan harga Rocky yang akan ditawarkan ke konsumen berada di rentang Rp140 sampai Rp170 jutaan.

Harga Daihatsu Rocky Toyota Raize

Toyota Raize (Foto: Toyota)

Sedangkan Raize dijual pada rentang harga Rp150 sampai Rp200 jutaan.

Walaupun keduanya belum diluncurkan secara resmi, tapi sudah masuk dalam daftar penerima insentif PPnBM untuk mobil dengan kapasitas mesin 1.500 cc.

Ini membuktikan keduanya akan diproduksi di Indonesia dan dibanderol dengan harga terjangkau.

Varian

Masih berdasarkan isi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri, baik Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize akan ditawarkan dalam enam varian.

Dari varian yang ditawarkan, tersedia dua pilihan mesin, yaitu 1.0 liter dan 1.2 liter. Transmisinya juga ada dua, manual dan otomatis jenis CVT.

Adapun varian yang ditawarkan Daihatsu untuk Rocky, yaitu 1.0 R A/T , 1.0 R M/T, 1.2 M /T, 1.2 X A/T, 1.2 M M/T, dan 1.2 X M/T.

Sedangkan varian Toyota Raize ada 1.0T S CVT, 1.0T S CVT TSS, 1.0T G CVT, 1.0T G M/T, 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T.

Toyota Raize (Foto: Toyota)

Satu Platform

Kedatangan Rocky dan Raize menambah panjang daftar mobil kembar hasil kolaborasi Daihatsu dan Toyota, khusunya yang dipasarkan di Indonesia.

Sebelumnya sudah ada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia , Toyota Rush dan Daihatsu Terios, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, serta Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Semuanya dibangun menggunakan satu platform yang sama.

Begitu juga dengan Rocky dan Raize, keduanya akan diproduksi menggunakan platform terbaru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Platform ini telah dikembangkan sejak tahun 2017 di Jepang.

 

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *