Berita

Kalahkan Volkswagen, Toyota Jadi Merek Mobil Terlaris di Dunia 2020

Toyota Merek Mobil Terlaris

Logo Toyota (Foto/Ilustrasi)

Jakarta – Toyota berhasil menduduki peringkat pertama sebagai merek mobil terlaris sepanjang 2020.

Menariknya, Toyota berhasil menggeser posisi Volkswagen menjadi peringkat kedua, setelah sebelumnya selalu berada di posisi teratas selama beberapa tahun belakangan.

Di tengah pandemi Covid-19 baik Toyota dan Volkswagen berusaha sekuat tenaga supaya bisnisnya terus berjalan dan permintaan konsumen terhadap mobil baru berjalan mulus.

Namun apa mau dikata, beratnya tantangan yang harus dijalankan oleh kedua merek tersebut selama 2020, membuat angka penjualan masing-masing merek anjlok jika dibandingkan capaian 2019.

Baca Juga: 

Toyota baru-baru ini mengatakan bahwa penjualan mobilnya secara global rontok 11,3% menjadi hanya  9.528.438 unit pada 2020.

Sedangkan Volkswagen, persentase penurunan penjualan mobilnya lebih besar sekira 15,2% atau hanya menjual sebanyak 9.305.400 kendaraan tahun lalu.

Akibat pandemi Covid-19 yang menyerang banyak negara menyebabkan sejumlah pameran otomotif tidak terlaksana.

Di samping itu, adanya kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat sehingga menghentikan langkah konsumen untuk pergi ke diler untuk membeli mobil.

Toyota Merek Mobil Terlaris

Logo Volkswagen (Foto: Paultan)

Bagaimanapun juga Toyota telah berhasil mengatasi pandemi dengan sangat baik dan meraih predikat sebagai merek mobil terlaris di dunia tahun 2020.

Toyota diuntungkan karena pasar dalam negeri Jepang dan kawasan Asia secara umum. Pasar tersebut kurang terpengaruh oleh pandemi Covid-19 dibandingkan pasar Eropa dan Amerika Serikat.

“Fokus kami bukan pada peringkat kami, tetapi melayani pelanggan kami,” kata juru bicara Toyota, seperti dilansir Carmudi dari CNBC, Jumat (29/1/2021).

Toyota Juga Jadi Merek Mobil Terlaris di Indonesia

Sepanjang 2020, PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil membukukan penjualan ritel mobil Toyota sebanyak 182.665 unit. Angka tersebut jauh di bawah pencapaian tahun sebelumnya sebesar 331.500 unit.

Kendati terjadi penurunan penjualan akibat dampak pandemi Covid-19, TAM berhasil mempertahankan posisi market share di level 31 %.

Menariknya, posisi Toyota sebagai merek mobil terlaris nomor satu di Indonesia tidak tergeserkan oleh merek lain.

Itu artinya Toyota mengisi posisi market leader sekaligus membuktikan komitmen untuk senantiasa menjadi partner mobilitas terbaik bagi masyarakat.

Baca Juga: 

Mobil Baru Toyota

Toyota New Yaris resmi meluncur (Foto: TAM)

“Meskipun situasi 2020 cukup menantang, kami berkomitmen untuk tidak pernah berhenti memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia. Tidak hanya dengan menghadirkan lineup kendaraan yang lengkap, tapi juga berbagai layanan. Kami bersyukur upaya kami dalam mendukung mobilitas mendapat sambutan baik dari pelanggan,” kata President Director PT TAM, Susumu Matsuda, dalam keterangan resminya.

Keberhasilan TAM mempertahankan Toyota sebagai merek mobil terlaris di Indonesia tak lepas dari dukungan 13 mobil baru yang diluncurkan sepanjang 2020.

Selain itu, adanya program-program penjualan menarik yang memudahkan konsumen memiliki mobil baru, turut memberikan kontribusi positif bagi penjualan Toyota.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts