Tips dan Trik

Komponen Sepeda Motor yang Wajib Dirawat saat Musim Hujan

Jakarta – Komponen sepeda motor wajib diperiksa dan dirawat secara berkala terlebih ketika memasuki musim hujan. Ini penting dilakukan supaya kondisi sepeda motor tetap prima.

Berkendara menggunakan sepeda motor di tengah guyuran hujan harus lebih ekstra waspada, karena jalan licin dan jarak pandang terbatas.

Komponen Motor

Menghindari Potensi Bahaya Saat Berkendara sepeda motor di Musim Hujan (Foto: YIMM)

Selain itu, sepeda motor juga harus dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan, supaya terhindar dari segala masalah yang mungkin saja terjadi saat dalam perjalanan.

“Bagi pen gendara sepeda motor harus lebih berhati-hati saat di jalan. Perawatan motor pun harus dilakukan di musim hujan agar terhindar dari kondisi yang mengganggu fungsi motor untuk digunakan beraktivitas,” ungkap Muslian, Manager Service Main Dealer Yamaha Sumatera Selatan & Bengkulu.

Lebih lanjut, Muslian menjelaskan secara singkat komponen apa saja di sepeda motor yang wajib dirawat saat musim hujan.

Rantai Motor

Bagi penggguna sepeda motor bebek maupun sport yang masih menggunakan rantai, harus selalu diperiksa dan dirawat. Sebab, ketika musim hujan tiba, rantai motor menjadi cepat kering dan mudah berkarat.

Supaya tidak cepat berkarat, sebaiknya rantai dilumasi dengan pelumas khusus setelah terkena air hujan.

Berikan Pelumas Pada Rantai Secara Berkala/Ilustrasi

Busi

Saat berkendara menggunakan sepeda motor, sebaiknya hindari genangan air yang cukup tinggi. Apabila terpaksa harus melewatinya pastikan mesin dalam keadaan mati. Bila tidak, kemungkinan besar motor bakal mogok.

Jika sudah demikian, berarti sistem pengapiannya bermasalah. Disarankan untuk langsung melakukan pengecekan pada busi, kepala busi, dan kap busi. Ketika diperiksa ternyata komponen tersebut basah karena terkena air, sebaiknya dilepas, lalu dibersihkan dan keringkan. Selanjutnya pasang kembali ketempatnya masing-masing.

Apabila pengendara tidak paham melepas tiga komponen tadi, sebaiknya cari bengkel terdekat atau manfaatkan layanan bengkel berjalan.

Ban

Sebelum memulai aktivitas, luangkan waktu untuk melakukan pengecekan pada komponen ban, mulai dari pola kembang ban hingga tekanan udara ban.

Disarankan tekanan ban tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah serta pastikan ban tidak gundul agar terhindar dari selip dan tergelincir saat melewati jalan licin.

Knalpot

Melewati genangan air yang cukup tinggi memang tidak disarankan, karena bisa berisiko air masuk ke knalpot dan motor bisa mogok.

Bila mogok, jangan langsung menghidupkan mesin motor. Sebaiknya cari bengkel terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Kampas rem

Apabila kampas rem terkena air hujan terutama dengan intensitas yang cukup lama, maka bisa menimbulkan bunyi. Untuk perawatannya cukup mudah, yaitu dengan cara dilepaskan kampas rem, lalu dikeringkan dan bersihkan.

Bila tidak paham melepasnya, tak ada salahnya untuk mengunjungi bengkel terdekat atau bengkel resmi.

Jika kampas rem mulai aus, sebaiknya diganti dengan yang baru.

rawat motor

Mencuci motor, salah satu cara merawat motor di musim hujan

Cuci Sepeda Motor

Terakhir, jangan lupa mencuci sepeda motor setelah terkena air hujan, supaya kondisinya bersih dan bebas dari pasir atau kotoran-kotoran yang dapat merusak komponen.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts