Sepeda motor

Perbedaan Aprilia RS 660 dan Tuono 660, Mirip Tapi Beda Karakter

Jakarta – Perbedaan Aprilia RS 660 dan Tuono 660 paling jelas terlihat pada ciri-ciri fisiknya. Walau lahir dengan platform yang sama, tetapi kedua motor baru Aprilia di Indonesia ini menawarkan karakter yang berbeda.

Motor-Baru-Aprilia-RS-660 perbedaan aprilia rs 660 dan tuono

Aprilia RS 660 (Foto: PID)

Keduanya hadir melengkapi lini produk Aprilia di Tanah Air yang berada di bawah asuhan PT Piaggio Indonesia (PID).

Bicara harga, terdapat selisih Rp20 juta antara kedua motor ini. Aprilia RS 660 ditawarkan Rp650 juta dan Aprilia Tuono 660 dijual Rp630 juta. Angka tersebut merupakan harga on the road DKI Jakarta.

Aprilia RS 660 secara tak langsung diposisikan lebih tinggi dibanding tipe satunya lagi dengan sejumlah ciri fisik dan performa tenaga sebagai pembedanya.

1. Bentuk Fairing

Kedua motor sama-sama menggunakan double fairing. Namun, Aprilia RS 660 sebagai motor sport sejati memiliki fairing yang lebih panjang. Dalam arti, fairing tersebut dibuat sampai menutupi bagian samping mesin.

Beda hal dengan fairing yang menempel pada Aprilia Tuono 660. Bentuknya lebih ringkas dan mengekspos bagian samping mesin.

2. Jok Penumpang Belakang

Dirancang mengacu pada desain motor balap, maka jok penumpang belakang bukanlah suatu kebutuhan bagi Aprilia RS 660.

Lain cerita untuk Aprilia Tuono 660 yang memiliki karakter lebih rileks dan nyaman untuk digunakan sebagai tunggangan sehari-hari.

Motor-Baru-Aprilia-Tuono-660

Aprilia Tuono 660 (Foto: Moto Guzzi)

3. Jenis Setang

Aprilia RS 660 menggunakan setang balap dengan posisi upper yoke. Oleh karena itu, motor ini sebenarnya juga berusaha menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman.

Paling tidak jika dibandingkan dengan motor sejenis yang menggunakan setang under yoke.

Namun, jika kenyamanan memang menjadi prioritas maka Aprilia Tuono 660 adalah jawabannya. Motor ini menggunakan setang standar seperti naked sport pada umumnya sehingga posisi berkendara bisa lebih tegak.

4. Tenaga Mesin

Perbedaan Aprilia RS 660 dan Tuono 660 juga merambat ke sektor mesin.

Performa Aprilia RS 660 lebih kuat dengan tenaga puncak 100 hp sementara Aprilia Tuono 660 tenaganya 95 hp. Namun, kedua motor sama-sama memiliki torsi tertinggi 67 Nm.

Adapun mesin yang digunakan keduanya memiliki kapasitas 659 cc dengan konfigurasi parallel twin. Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi 6-kecepatan.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *