Berita

Tak Cuma Toyota Kijang Innova, Avanza juga akan Dibekali Teknologi Hybrid

Jakarta – Toyota diduga akan memperluas lini produk elektrifikasi dengan menyematkan teknologi hybrid pada Avanza. Sebelumnya beredar kabar bahwa, Toyota juga bakal memasukkan teknologi serupa pada Kijang Innova dan Fortuner.

Toyota bisa dikatakan sebagai pionir dalam mengembangkan teknologi hybrid di industri otomotif. Hal ini ditunjukkan melalui kehadiran Prius pada 1997, di mana pada era tersebut teknologi hybrid belum populer seperti sekarang.

Toyota Avanza Hybrid

Toyota Avanza generasi terbaru akan dibekali dengan teknologi hybrid (Foto: Toyota)

Tak berhenti sampai Prius, Toyota terus memperluas jangkauan pasar dengan merilis model-model berteknologi hybrid, seperti Alphard Hybrid Electric Vehicle (HEV), Camry HEV, C-HR HEV, Corolla Altis HEV, hingga Corolla Cross HEV.

Di luar model tadi, ada produk lain lagi yang bakal mengadopsi teknologi hybrid terbaru atau mereka menyebutnya dengan E-Smart Hybrid.

Adapun model yang dimaksud adalah Raize.

Berdasarkan rumor yang beredar sekira bulan lalu, SUV kompak tersebut akan meluncur di Jepang November mendatang, bersamaan dengan saudara kembarnya Daihatsu Rocky.

Rupanya teknologi E-Smart Hybrid bukan hanya diciptakan untuk Raize saja, tapi juga buat Avanza dan Vios.

Hal ini diketahui dari pernyataan salah seorang sumber yang dekat dengan perusahaan kepada Autoindustriya. Dalam pernyataannya disebutkan, Toyota berniat untuk memasangkan teknologi E-Smart Hybrid di Avanza dan Vios.

Toyota Avanza Tampak Belakang

Toyota Avanza 2021 (Foto: TAM)

Jika pernyataan tersebut benar, maka dapat dipastikan generasi penerus dari Avanza maupun Vios akan menggunakan sistem penggerak hybrid, atau perpaduan antara mesin konvensional dengan motor listrik.

Sejauh ini belum diketahui pasti kapan Avanza dan Vios hybrid bakal diproduksi massal dan dipasarkan ke konsumen. Namun, paling tidak penyematan E-Smart Hybrid pada kedua produk tersebut bisa menjadi batu loncatan menuju kendaraan ramah lingkungan dan rendah emisi.

Toyota Kijang Innova dan Fortuner Hybrid Meluncur 2022

Beberapa bulan belakangan muncul kabar Toyota tengah mempersiapkan Kijang Innova dan Fortuner Hybrid. Disebutkan pula bahwa, kedua model andalan Toyota itu akan meluncur 2022.

Bocoran terkait Kijang Innova Hybrid didapat dari presentasi yang disampaikan oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita pada Juli lalu.

PPnBm Mobil 2.500 cc

Toyota Kijang Innova terbaru dibanderol mulai Rp339 jutaan (Foto: TAM)

Besar kemungkinan Kijang Innova Hybrid akan diproduksi secara lokal di pabrik milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

Sementara, mengenai Fortuner Hybrid terkuak lewat pernyataan Yoshiki Konishi, selaku Chief Engineer Toyota Motor Corporation pada Januari 2021.

Dirinya mengatakan bahwa, Fortuner generasi terbaru akan mengalami banyak perubahan temasuk penambahan varian yang sudah dibekali teknologi hybrid.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts