Home » Mobil » Toyota Rush, Mobil Keluarga Bercita Rasa SUV

Toyota Rush, Mobil Keluarga Bercita Rasa SUV

Di Indonesia, mobil berjenis MPV kian digemari oleh kebanyakan masyarakat Indonesia lantaran memiliki kapasitas muat yang lebih banyak dibanding mobil jenis lainnya. Selain itu, mayoritas masyarakat Indonesia masih memikirkan nilai jual kembali dibandingkan dengan fungsi kendaraan itu sendiri. Makanya masih banyak yang memilih mobil MPV dibandingkan mobil jenis lain.

Di Indonesia, ada salah satu MPV yang cukup digemari sejak pertama kali meluncur. Ia adalah Toyota Rush. Toyota Rush sendiri merupakan salah satu MPV yang kerap disebut SUV atau bahkan memiliki cita rasa SUV. Sebenarnya sah-sah saja menyebut mobil 7 penumpang ini sebuah MPV ataupun SUV, karena ia memang disebut oleh Toyota sebagai mobil SUV perkotaan.

Sejarah Toyota Rush

 

Toyota Rush (Foto: Toyota)

Bicara soal Toyota Rush, mobil ini pertama kali meluncur pada tahun 2006 silam. Model ini menjadi model kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu. Jika Toyota memproduksi Rush, maka Daihatsu memproduksi Terios yang menjadi penerus dari Daihatsu Taruna. Di Indonesia, Toyota Rush ini sudah hadir dalam 2 generasi. Generasi pertama merupakan produksi 2006 hingga 2017. Generasi terbarunya baru diperkenalkan di tahu 2018 ini.

Pada generasi terbaru ini, banyak ubahan yang dialami. Mulai dari eksterior hingga interior dari Toyota Rush. Pada model lama, Toyota Rush ini masih memiliki ban serep yang digendong di bagian belakang atau sering disebut konde. Model ini dinilai menjadi salah satu ciri khas SUV yang kerap tren di tahun 80-2000-an akhir. Kini, SUV sudah tidak lagi menggendong ban serep di bagian belakang.

Toyota Rush kerap menjadi mobil yang digemari lantaran memiliki tampilan yang cukup tangguh dibanding mobil lainnya. Kira-kira bagaimana dengan tampilan Toyota Rush yang terbaru ya? Bagi Anda yang belum paham mengenai mobil yang satu ini, kami akan memberikan pandangan review mobil ini secara lengkap. Pantau terus Carmudi Indonesia ya!

Review Mobil Baru Toyota Rush 2018

trd sportivo: Harga Toyota All New Rush Tidak Naik
Harga Toyota All New Rush Tidak Naik (Foto: Toyota)

Oke, pertama-tama kami akan memulai review ini dari bagian depan. Tampilan depan Toyota Rush ini kian agresif dan modern. Hal tersebut dapat dilihat dari desain bumper, gril dan lampu depan yang menyipit. Pada bagian depan, Rush generasi kedua ini memiliki lubang angin yang cukup besar di gril. Lampu depan sudah menggunakan LED dan ada fog lamp di bagian bawah. Kap mesin juga terlihat lebih berotot berkat adanya lekuk di bagian tengah. Bagi Anda yang suka dengan SUV look, mobil ini lumayan ganteng.

Berlanjut di bagian samping. Di bagian samping, mobil ini memliki lekuk tubuh yang membentang dari sisi samping depan hingga belakang. Tarikan garis ini memberikan sebuah kesan SUV tangguh tetapi tidak meninggalkan aksen modern yang kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Oya, di bagian tengah terdapat plastic berwarna hitam doff yang memberikan kesan tegas.

Eksterior Toyota Rush 2018

Side skirt yang ada di bagian samping juga dilabur dengan warna hitam doff. Warna ini memang sengaja dipilih oleh Toyota karena dinilai akan memberikan kesan tangguh pada MPV yang bercita rasa SUV ini. Ukuran panjangnya bertambah 230 mm ketimbang versi terdahulunya. Pembaruan pada sisi ini, memang terlihat sengaja dikonsep oleh pihak Toyota sehingga tampilan bodi sampingnya mampu mengisyaratkan ruang kabin yang lebih lega dan lapang.

Lalu, bagaimana dengan bagian belakangnya? Bagian belakang Toyota Rush ini terlihat cukup modern. Banyak yang mengatakan jika bagian belakang dari Rush ini sepintas mirip dengan Honda Mobilio, tetapi ada juga yang menyebut jika bagian belakangnya mirip dengan Calya. Di bumper belakang, Toyota Rush ini terdapat dua buah reflector cahaya berwarna merah. Tentu saja bagian bawah diberikan aksen hitam doff sebagai pemberi kesan tangguh dan kuat, agar sesuai dengan cita rasa SUV nya walaupun ini adalah sebenarnya MPV.

Interior Toyota Rush 2018

Setelah membahas bagian eksterior, kami akan berlanjut dengan membahas sisi interior. Bagian dalam dari Rush terbaru ini benar-benar berubah total dibanding generasi sebelumnya. Tampilan dashboard terlihat lebih mewah dan modern dibanding generasi sebelumnya yang terlihat sangat monoton, ngebosenin! Pada generasi terbaru ini dashboardnya lebih segar ditambah lagi dengan paduan interior berwarna hitam dan putih.

Head unitnya sudah menggunakan touch screen yang dapat dikoneksikan dengan gadget kesayangan lewat jaringan Bluetooth. Versi terbaru ini telah dibekali sistem AC dengan climate control yang ditampilkan secara digital dan modern. Nuansa abad ke-21 pun diperkental kehadiran panel instrumen multi color LCD lengkap dengan MID (multi information display). Di bagian setir juga terdapat pengaturan suara yang terletak di bagian kiri jari jemari.

Mobil ini kini memiliki desain jok yang lebih baik dan memberi kesan mewah. Posisi duduk yang diberikan juga sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Duduk di bagian depan Anda akan merasa lebih tinggi berkat joknya. Untuk mengoptimalkan ruang kabin, ukuran jok diperkecil dengan penempatannya diatur ulang. Alhasil ruang kaki baris kedua bertambah 45 mm. Dengan jok bisa digeser maju-mundur jika ada penumpang baris ketiga.

Kabin Toyota Rush 2018

Dengan jarak bangku baris kedua dengan bangku baris ketiga sebesar 700 mm, penumpang baris ketiga jauh lebih nyaman dibandingkan model sebelumnya. Otomatis ruang kaki yang diberikan juga sangat lega untuk membawa penumpang dewasa. Bagaimana dengan posisi duduknya? Duduk di bagian jok depan, kami merasakan kenyamanan yang cukup oke. Bahan joknya tebal, tetapi tidak terlalu kaku dan cukup memeluk badan.

Di baris kedua, posisi duduknya terlalu tegak. Setelah cukup lama duduk di baris kedua, barulah kami merasakan badan sedikit pegal karena joknya cukup keras. Ruang kaki dan ruang kepala di baris pertama dan kedua juga sangatlah nyaman. Kedua ruang tersebut masih sangatlah cukup untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang yang cukup tinggi.

Di baris ketiga, ruang kepala yang ada memang menyisakan sedikit, tetapi hal tersebut kami nilai masih cukup baik untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang dewasa di baris ketiga. Ruang kakinya juga lega, jika bangku di baris kedua dimajukan sehingga menyisakan banyak ruang di bagian belakang. Bagasi di bagian belakang juga lumayan besar, cukup lah untuk membawa beberapa koper ataupun beberapa gallon air minum.

Hal tersebut disebabkan karena hilangnya konde dari ban cadangan di bagian belakang. Makanya ruang bagasinya bisa lebih luas. Lalu, kemana pindahnya ban cadangan tersebut? Ban cadangan kini diposisikan di bagian bawah mobil. Soal fitur, mobil ini memiliki fitur yang cukup baik. Salah satu keunggulanya adalah system keamanan yang sangat ditingkatkan demi memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpangnya.

Fitur Keamanan Mobil Baru Toyota Rush 2018

Tidak tanggung-tanggung, Toyota Rush 2018 dibekali dengan 6 buah Protective SRS Airbags sehingga keselamatan seluruh penumpangnya lebih terjamin daripada kompetitor lain di kelasnya. Aspek keselamatan lainnya juga dapat terlihat pada hadirnya 7 buah sabuk pengaman yang disematkan pada tiap-tiap kursinya. 7 Seat Belt Indicators juga memperkokoh fungsinya sehingga notifikasi audio akan terdengar ketika ada salah satu dari penumpang belum menggunakan sabuk pengamannya.

Selain itu, perangkat ABS menjadi peranti standard yang tertanam di mobil ini. Kelincahannya dalam mengarungi medan-medan berat, juga didukung dengan teknologi sekelas Solid Vehicle Stability Control (VSC) sehingga Anda dapat berkendara dengan lebih stabil meskipun lewati area licin.

Bagi Anda yang kurang percaya diri dalam melibas tanjakan, tenang saja. Karena Anda akan dibekali dengan fitur Hill Start Assist (HSA) sebagai teknologi penunjang performanya di area-area tanjakan. Secara keseluruhan, fitur yang dihadirkan pada mobil Medium SUV ini, terlihat berimbang dengan harga Toyota Rush 2018 yang tergolong terjangkau.

Mesin Toyota Rush 2018

Bagaimana dengan performa mesinnya? Toyota menancapkan mesin berkode 2NR-VE dual VVT-I yang berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 104 hp dengan torsi maksimal mencapai 136 Nm. Soal transmisinya, Toyota memberikan dua opsi, manual dan otomatis. Keduanya dapat dipilih sesuai selera dari calon konsumen. Kira-kira bagaimana sensasinya? Mobil ini sebenarnya punya mesin yang biasa saja.

Improvisasi yang dilakukan oleh Toyota sebenarnya sudah cukup baik terhadap mesin ini. Mesin baru ini benar-benar menghasilkan getaran yang minim dan suara yang tidak bising. Selain itu, karakter dari mesin ini jauh lebih lembut dibanding generasi yang sebelumnya. Itu adalah kelebihan dari mesin ini, lalu bagaimana dengan kekurangannya? Kekurangannya adalah mesin ini punya karakter yang lemot. Bagi Anda yang suka dengan mobil berperforma, mesin ini dirasa cukup lemot.

Test Drive Toyota Rush 2018

Untuk menyalakan mesin, Anda sudah mendapatkan tombol start/stop button yang makin menegaskan kesan modern di mobil ini. Karena tim Carmudi Indonesia sudah pernah mencicipi mobil ini, kami akan memberikan sedikit gambaran mengenai impresi berkendara yang dihasilkan oleh mobil ini. Mobil terasa jauh lebih lincah dan mantap. Meski belum menyamai, setidaknya semakin mendekati karakter pengendaraan SUV rival-rivalnya.

Gejala limbung saat ditekuk terdapat pada Rush lama, nyaris tak terasa disini. Respons kemudi pun baik untuk standar SUV. Tentu, ada sedikit trade-off dari sisi ayunan suspensi. Terasa lebih kaku, meski masih dalam taraf wajar. Suspensi mobil ini juga terasa lebih keras, demi memberikan handling yang lebih baik saat di tikungan maupun kecepatan tinggi. Soal suspensi keras atau tidak, kembali kepada selera masing-masing, karena karakter keras dan lembut setiap orang berbeda-beda.

Melibas jalur bergelombang juga masih cukup nyaman. Jok yang tebal dan suspensi yang tidak terlalu empuk kami rasa masih cukup nyaman. Konsumsi bahan bakar dari mobil ini juga cukup irit, jika Anda mengendarai mobil dengan sedikit ugal-ugalan, Anda akan lebih boros pastinya. Namun jika Anda mengendarai dengan santai konsumsi bahan bakar yang tercatat juga akan lebih irit.

Harga Toyota Rush 2018

Berapa banderol untuk mobil ini? Untuk tipe termurah dapat ditebus dengan harga Rp 242,15 sedangkan tipe termahal dapat ditebus dengan harga Rp 253,55 juta. Harga tersebut merupakan harga yang berlaku untuk OTR Jakarta. Tentunya harga tersebut akan berbeda-beda di setiap wilayahnya.

Kesimpulan dari kami mengenai mobil ini adalah mobil ini sebenarnya cocok untuk dipakai di dalam kota dan luar kota. Bagi pecinta SUV, mobil ini juga layak diboyong karena masih memiliki unsur SUV dengan ground clearance yang cukup tinggi dan tampilan yang sedikit tough. Namun, harga jual dari mobil ini menurut kami cukup mahal. Mahalnya harga tersebut diimbangi oleh fitur yang ada di mobil ini.

Untuk melihat spesifikasi lengkap mobil baru Toyota Rush 2018, silahkan klik di sini.

Sementara untuk harganya lihat link berikut ini(Rizen Panji)

peluncuran rolls-royce cullinan
Previous post
Banyak Orang Berduit, Indonesia Jadi Prioritas Peluncuran Rolls-Royce Cullinan
pajak barang mewah
Next post
Konsumen Rolls-Royce Tak Terpengaruh Isu Pajak Barang Mewah