Berita

2 Mobil Baru Meluncur di Indonesia Pekan Ini, Apa Saja?

Mobil baru

New Mitsubishi Pajero Sport meluncur 16 Februari 2021 di Indonesia (Foto: MMKSI)

Jakarta – Menggairahkan pasar otomotif Indonesia di awal tahun, dua pabrikan mobil dipastikan akan meluncurkan mobil baru pekan ini. Dua pabrikan tersebut adalah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan PT Honda Prospect Motor.

PT MMKSI selaku distributor resmi kendaraan Mitsubishi akan meluncurkan New Pajero Sport pada 16 Februari 2021. Kemudian disusul oleh mobil baru keluaran Honda yang dijadwalkan meluncur 18 Februari.

Seremonial peluncuran mobil baru Mitsubishi dan Honda akan dilakukan secara virtual.

Baca Juga:

New Mitsubishi Pajero Sport

Satu pekan sebelum diluncurkan, PT MMKSI merilis gambar teaser dari New Mitsubishi Pajero Sport.

Bahkan pihaknya juga telah menyediakan halaman khusus di situs web resmi peruhaaaan yang ditujukan kepada konsumen untuk mengetahui informasi terkini soal peluncuran New Pajero Sport.

Kehadiran New Pajero Sport sudah sangat dinanti-nanti oleh pecinta SUV medium di Tanah Air. Sebab, pesaing terdekat Toyota Fortuner itu, telah meluncur di Thailand pada pertengahan 2019.

Sebelumnya, pada Juli 2019 MMKSI pernah menyampaikan rencana untuk mendatangkan New Pajero Sport di Indonesia. Namun, rencana yang sudah dibeberkan sejak lama itu baru terwujud bulan kedua tahun ini.

Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport Terbaru (Foto: Bangkokpost)

“Penantian masyarakat Indonesia atas New Pajero Sport telah berakhir, New Pajero Sport akan segera hadir. Kami akan meluncurkan New Pajero Sport untuk pasar Indonesia pada tanggal 16 Februari 2021 mendatang,” ungkap Naoya Nakamura, Presiden Director PT MMKSI, dalam keterangan resminya.

Mengacu pada New Mitsubishi Pajero Sport yang meluncur di Thailand, perubahannya cukup banyak meliputi bagian eksterior dan interior. Sedangkan jantung pacunya masih sama seperti model terdahulu.

Honda City Hatchback atau CR-V Facelift

Belum ada informasi pasti terkait nama mobil baru yang bakal dibawa masuk oleh PT HPM. Pasalnya, dalam undangan yang masuk ke meja redaksi Carmudi tidak tertera mobil apa yang akan diluncurkan.

Dugaan sementara tertuju pada dua model yaitu Honda CR-V facelift atau City Hatchback.

Honda CR-V facelift telah meluncur lebih dahulu di Thailand pada Juli 2020. Kemudian pada akhir Januari 2021, SUV medium itu mulai terlihat di Indonesia, bahkan foto-fotoya sudah tersebar di media sosial.

Mobil baru

Honda CR-V Facelift (Foto: Paultan)

Di pasar Thailand, Honda CR-V facelift memiliki tampilan baru dan sejumlah fitur tambahan dengan tetap mempertahankan mesin yang sama seperti model sebelumnya.

Perubahan pada bagian eksterior tidak terlalu banyak. Bumper CR-V facelift mendapat pembaruan kecil sehingga tampak lebih besar dan “kumis” krom yang bergelombang.

Aksen krom juga juga menghiasi bagian belakang mobil. Perubahan lainnya meliputi smoked tail lights, dark chrome tailgate garnish dan pelek 18 inci dengan desain baru.

Masuk kebagian interior, konsol tengah mengalami revisi, sekarang sudah dilengkapi dengan pengisi daya nirkabel untuk smartphone. Fitur ini disediakan khusus pada varian tertinggi.

Honda City Hatchback Terdaftar di Samsat DKI Jakarta

Sementara itu, Honda City Hatchback sudah didaftarkan ke Samsat DKI Jakarta. Kendati namanya sudah terdaftar di Samsat DKI Jakarta, bukan jaminan bahwa mobil tersebut bakal segera dipasarkan.

“Memang benar City Hatchback itu sudah didaftarkan. Tetapi untuk dipasarkan di sini (Indonesia) atau enggak, kami masih terus mempelajarinya. Jadi segala sesuatu yang didaftarkan belum tentu 100 persen akan dipasarkan di sini,” ungkap Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, dalam diskusi virtual, awal Januari 2021.

Billy menambahkan, Honda City Hatchback punya DNA sporty sesuai dengan selera konsumen di Indonesia. Akan tetapi, tambah dia kembali lagi apakah model tersebut dibutuhkan oleh konsumen.

Baca Juga:

Honda City Hatchback meluncur terpaut satu tahun sejak versi sedan diluncurkan pada 25 November 2019.

Di Thailand City Hatchback ditawarkan dalam tiga varian atau lebih sedikit dari versi sedan. Adapun ketiga varian yang diniagakan yaitu City Hatchback S+ dengan harga 599.000 baht atau sekira Rp280 juta, SV seharga 675.000 baht (Rp315,5 juta) dan varian tertinggi City Hatchback RS dibanderol 749.000 baht (Rp350 juta).

Tidak ada kejutan dalam hal tampilan, karena City Hatchback mendapatkan tampilan depan yang sama dengan saudara kandungnya.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts