Berita Mobil Sepeda motor

Berita Sepekan Carmudi: Model Lama Suzuki Ertiga Jadi Taksi hingga Hyundai H-1 dan Vespa Sprint Terbaru

Jakarta – All New Suzuki Ertiga sudah meluncur di Indonesia, berikutnya yang juga bakal merasakan kahadirannya yaitu India. Meski akan hadir model baru, namun Maruti Suzuki India Limited selaku agen pemegang merek Suzuki di India akan tetap mempertahankan model Lama. Nantinya Ertiga generasi pertama akan mengisi segmen komersial, salah satunya dijadikan armada Taksi.

Kabar mengenai Ertiga model lama akan jadi taksi menjadi salah satu berita Carmudi terpopuler selama satu minggu kebelakanng. Disamping itu berita lainnya yang cukup menarik adalah peluncuran model terbaru dari Hyundai H-1 dan Vespa Sprint Carbon.

Berikut ini rangkuman berita sepekan Carmudi:

1. Suzuki Ertiga model lama nantinya akan dipertahankan untuk dijadikan sebagai kendaraan yang mengisi segmen komersial. Salah salah satunya menjadi armada taksi. Sebagai pembeda, perusahaan telah menetapkan nama untuk Ertiga model lama yaitu Ertiga Tour.

Baca juga: Suzuki Ertiga di Indonesia MPV Murah, di India Jadi Mobil Mewah

Selain dari nama, fitur di Suzuki Ertiga Tour akan berbeda dibanding Ertiga tipe lain. Diperkirakan Suzuki Ertiga Tour tidak mendapat hiasan krom dibagian kisi-kisi grille dan sekitar lampu kabut. Hiasan krom di atas dudukan pelat nomor juga akan dihapus dan peleknya menggunakan material steel tanpa penutup.

Baca juga: Suzuki Tetap Mempertahankan Ertiga Model Lama untuk Taksi

2. Hyundai H-1 Tampil Lebih Mewah

Hyundai H-1 resmi mengaspal di Indonesia. Kali ini dengan tampang yang lebih tampan dan fitur yang bertambah mewah dibanding sebelumnya. Nanti penampilan resminya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 bulan depan.

Kini Hyundai H-1 terbaru memiliki wajah yang sudah dirombak total, grille raksasanya tersambung langsung dengan bagian lampu depan, yang berubah total menjadi berbentuk lebih pipih secara horizontal. Lampu depan pun terlihat lebih mewah berkat DRL LED dan projector LED baru, juga desain spion yang digabungkan lampu sein LED baru.

Hyundai H1

Hyundai H1 akan segera muncul di GIIAS 2018, dengan banyak perubahan. Foto/Carmudi.

Fitur-fitur yang ada di Hyundai H-1 terbaru bertambah banyak dibanding sebelumnya. Sementara penunjang kenyamanan di interior tersedia jok kulit dengan motif baru dan head unit 2DIN layar sentuh baru dengan pemutar CD, Bluetooth dan kompatibel iOS dan Android.

Baca juga: Hyundai H-1 Anyar Sudah Mengaspal di Indonesia, Tambah Mewah Bro!

3. Toyota Sumbang Mobil Listrik

Duna mendukung percepatan pengembangan monbil listrik di Indonesia PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) ikut memberikan mobil listrik ke pemerintah dalam hal ini Kementerian perindustrian. Selanjutnya mobil diserahkan ke enam perguruan tinggi untuk diteliti.

(Baca juga: 6 Perguruan Tinggi Indonesia Mendapat Toyota Prius Hybrid dan PHEV)

12 mobil listrik yang diberikan Toyota terdiri dari dua model. Model tersebut adalah 6 unit Toyota Prius Hybrid dan 6 unit Toyota Prius Prime (Plug-in Hybrid). Selain dua model tersebut, ada juga model konvensional yakni 6 unit Corolla Altis.

Adapun keenam perguruan tinggi yang dimaksud adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Sebelas Maret (UNS), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Udayana.

(Baca juga: Pemerintah Apresiasi Tinggi Toyota Dukung Perkembangan Mobil Listrik)

(Baca juga: Sebelum Mobil Listrik, Pemerintah Pilih Kembangkan Mobil Plug-in Hybrid)

4. Vespa Sprint Carbon Tanpa Karbon

PT Piaggio Indonesia (PI) selaku agen pemegang merek Piaggio, Vespa, Aprilia dan Moto Guzzi meluncurkan Vespa Sprint Carbon. Meski ada nama carbon tapi jangan harap pembeli menemukan material karbon asli, yang ada hanya motifnya saja.

Vespa Sprint carbon

PT Piaggio Indonesia resmi meluncurkan edisi penyegaran dari Vespa Sprint yaitu Vespa Sprint Carbon. Foto: Carmudi.

Vespa Sprint Carbon ditawarkan dalam jumlah terbatas. Namun pihak perusahaan menolak untuk menyebutkan total unit yang disediakan. Vespa Sprint Carbon akan ditampilkan ke publik untuk pertama kalinya pada 9 Juli bersamaan dengan program ‘Mall to Mall Exhibition’ yang bertempat di salah satu pusat perbelanjaan ternama di bilangan Jakarta Selatan.

(Baca juga: Tambah Mahal Tapi Lebih Sporti, Ini Vespa Sprint Carbon)

(Baca juga: Tidak Ada Ubahan Besar, Ini Lima Fakta Vespa Sprint Carbon yang Perlu Diketahui)

5. Mobil dan Motor Cacat Produksi Bisa Dihentikan Produksinya

Dalam Peraturan Menteri Perhubungan terbaru Nomor PM 33 Tahun 2018 tentang pengujian tipe kendaraan bermotor terdapat pasal 79 yang mengatur soal recall (penarikan kembali) kendaraan yang cacat produksi. Didalam pasar tersebut ada tertulis bila Agen Pemegang Merek (APM monbil atau motor yang hendak melakykan recall atau penarikan kembali harus melapor terlebih dahulu ke Menteri Perhubungan.

Dewanto Purnacandra Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjelaskan ketika melapor pihaknya beserta APM akan bersama-sama melakukan pengecekan. Apabila ditemukan masalah yang sangat atau tidak dapat diselesaikan maka bukan tidak mungkin Kementerian Perhubungan meminta pabrikan otomotif untuk menghentikan produksi dari produk yang terindikasi bermasalah.(dol)

(Baca juga: Sekarang Mobil atau Motor yang Cacat Produksi di Indonesia Bisa Dihentikan Produksinya)

(Baca juga: GAIKINDO: Regulasi Recall Mobil dan Motor Bukan Ancaman)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/