Home » Mobil » Apakah Benar Konsumen di Indonesia Tidak Suka Mobil Kotak Seperti Toyota Sienta?

Apakah Benar Konsumen di Indonesia Tidak Suka Mobil Kotak Seperti Toyota Sienta?

Toyota Sienta Terbaru (Foto: TAM)

Jakarta – Meski bermain sendiri di segmen low MPV (Multi Purpose Vehicle) berbentuk kotak, tidak membuat Toyota Sienta menjadi primadona di pasar Indonesia. Lawan terdekatnya yaitu Honda Freed sudah pamit terlebih dahulu dari Indonesia begitu meraba bahwa pasar di segmen tersebut mulai mengalami penurunan. Alasan itu pula yang membuat Honda pikir-pikir membawa kembali Freed masuk ke Indonesia, walaupun versi terbarunya sudah nongol di Jepang.

Dalam data wholesales (pabrik ke diler) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) periode Januari – Agustus 2019 tercatat hanya 412 unit Sienta yang didistribusikan ke diler. Ini menunjukkan bahwa pemesanan Toyota Sienta oleh konsumen sangat minim sekali. Dari angka tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa konsumen di Indonesia memang tidak suka dengan low MPV berbentuk kotak.

Anton Jimmi Suwandy, selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) menganggap ketidaksukaan konsumen di Indonesia bukan karena bentuk Sienta yang kotak, melainkan lebih kepada desain atau tampilannya saja. Sebagai contoh Toyota Alphard dan Toyota Voxy masih mendapat sambutan positif meski bentuknya kotak.

“Sebenarnya bukan masalah kotak, mungkin masalah konsumen memang lebih suka desainnya dan kemasannya. Ya, kalau aku bilang lebih (konsumen lebih suka) ke arah Avanza dan Rush. Dan memang kalau segmen seperti ini (Sienta) lebih terbatas,” kata Anton.

Walaupun peminatnya tidak banyak, tapi mobil yang sudah terlanjur diproduksi lokal di pabrik milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ini masih dipertahankan keberadaannya. Bahkan untuk sekadar mendorong angka penjualan, bulan lalu TAM melakukan penyegaran sederhana terhadap Sienta. Anton mengklaim versi facelift dari Sienta mendapat tanggapan yang cukup baik dari konsumen.

“Lumayan sih target kita untuk Sienta baru kira-kira 200 sampai 300 unit (per bulan). Saya rasa masih sesuai,” pungkas Anton.

Harga Toyota Sienta Terbaru

Awal September lalu, TAM resmi memasarkan Sienta terbaru. Peluncurannya dilakukan tanpa seremonial. Mungkin karena penyegaran di mobil buatan Karawang, Jawa Barat ini tidak terlalu banyak.

Toyota Sienta terbaru mendapat ubahan tampilan pada gril depannya. Tampangnya kini lebih terkesan sporty dan stylish. Sayangnya, bagian samping dan belakang tidak mengalami perubahan sama sekali, wujudnya masih sama persis dengan versi terdahulu.

Toyota Sienta Terbaru (Foto: TAM)

Masuk ke dalam interior, Toyota hanya menambahkan sandaran tangan di bangku baris pertama dan kedua. Pemasangan ini sengaja dilakukan untuk memberikan rasa nyaman lebih kepada penumpang terutama Sienta varian V dan Q. Penyegaran lain yang ditambahkan yaitu penyematan warna hitam dan jok warna Burgundy untuk Sienta varian V dan Q. Sedangkan varian G mendapat warna hitam.

Berikut ini daftar harga lengkap Toyota Sienta Oktober 2019 terbaru:

  • Sienta 1.5 G M/T (black trim) Rp249,050 juta
  • Sienta 1.5 G CVT (black trim) Rp267,050 juta
  • Sienta 1.5 V M/T (black trim) Rp264,050 juta
  • Sienta 1.5 V M/T (fromage trim) Rp264,050 juta
  • Sienta 1.5 V CVT (black trim) Rp282,050 juta
  • Sienta 1.5 V CVT (fromage trim) Rp282,050 juta
  • Sienta 1.5 Q CVT (black trim) Rp302,85 juta
  • Sienta 1.5 Q CVT (fromage trim) Rp302,85 juta

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Toyota Akui Stok Sienta 2018 Masih Ada dan Hampir Habis

Previous post
Resmi Diperkenalkan, Tenaga Kawasaki Z H2 Tembus 197 Hp
Next post
Baru Buka Diler di Kediri, Pembeli DFSK Glory 560 Bisa Dapat Cashback