Home » Reviews » Review Suzuki XL7: Masuk ke Segmen Medium SUV, Enggak Salah Nih?

Review Suzuki XL7: Masuk ke Segmen Medium SUV, Enggak Salah Nih?

Suzuki XL7 resmi diluncurkan dan siap berkompetisi di segmen low SUV. (Foto: Carmudi/Dimas)

Review Suzuki XL7 – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada pekan lalu resmi meluncurkan model baru XL7 yang terdiri dari 3 varian. Ketiga varian ini sudah dapat dibeli di diler Suzuki dan diterima konsumen dalam waktu cepat.

Namun, apakah mobil ini layak untuk dibeli? Kami akan memberikan review lengkap mengenai Suzuki XL7 yang meluncur pada pekan lalu.

Peluncuran yang berlangsung di Taman Mini, Jakarta Timur, Sabtu (15/2/2020) ini menjadi kado spesial bagi Suzuki. Pasalnya, di tahun 2020 Suzuki merayakan ulang tahunnya ke-50 di Indonesia. Seiji Itayama, President Director PT SIS mengatakan jika peluncuran XL7 ini bertepatan dengan momen ulang tahun ke-50 Suzuki di Indonesia. “Tahun ini merupakan usia ke-50 tahun Suzuki di Indonesia. Bertepatan dengan momen ini, kami berikan sesuatu yang istimewa bagi konsumen Indonesia,” ujarnya.

Mungkin banyak yang belum tahu, masuk ke segmen manakah XL7 ini? Pihak Suzuki sendiri mengklaim jika XL7 ini masuk ke dalam segmen Medium SUV. Jika ditelisik pasar Medium SUV di Indonesia, maka mobil ini akan berhadapan dengan Wuling Almaz, DFSK Glory 560, Honda CR-V, Mazda CX-5, Nissan X-Trail, Hyundai Tucson, Peugeot 3008, BMW X3, dan Mercedes-Benz GLC.

Wah, sepadan, kah? Bagi sebagian orang mungkin hal ini terdengar sedikit lucu. Namun Suzuki memang menyebut jika XL7 masuk ke dalam segmen medium SUV lantaran mengacu dari data GAIKINDO.

Review Dimensi Suzuki XL7

Jika melihat dimensinya, Suzuki XL7 ini memilki dimensi panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.710 mm. Mobil yang menggunakan platform serupa dengan Suzuki Ertiga ini memiliki wheelbase 2.740 mm. Jika dibandingkan dengan lawan-lawannya, XL7 memang masuk ke dalam kategori dimensi yang cukup kompak. Kendati sama dengan Ertiga, akan tetapi tampilan dan spesifikasinya cukup berbeda antara XL7 dengan Ertiga yang sudah ada.

Di bagian depan, mobil berkapasitas 7 penumpang ini punya gril dengan paduan warna hitam doff dan krom yang memanjang dari sisi kiri hingga kanan. Di bagian bawah bumper depan juga ada garnish berkelir silver. Bumper depan juga sudah tersedia fog lamp. Lampu depan dari XL7 juga sudah mengadopsi lampu LED dengan DRL berwarna putih yang cukup kekinian. Lampu ini juga sudah tersemat fitur auto ON.

Review Bagian Samping Suzuki XL7

Bodi samping Suzuki XL7. (Foto: Carmudi/Dimas)

Lanjut di bagian samping, terdapat spion yang sudah terdapat lampu sein yang bisa membantu visibilitas berkendara bagi penumpang lain. Spion ini juga tersedia dengan fitur pelipat elektronik untuk varian Alpha dan Beta. O iya hampir lupa, Suzuki menghadirkan XL7 dengan 3 varian yakni Alpha, Beta dan Zeta. Di bagian atas fender depan juga terdapat aksen lubang palsu yang menambah penampilan XL7 menjadi lebih sporty. Handle pintunya sudah memakai krom untuk Aplha dan Beta sedangkan tipe Zeta memakai sewarna bodi.

Untuk tipe Alpha, Suzuki memberikan warna pilar A dengan warna hitam. Sedangkan untuk roofrail tersedia di semua varian XL7. Sedangkan untuk velgnya sudah memakai ukuran 16 inci yang dibalut dengan ukuran ban 195/60. Ban cadangan yang disediakan oleh Suzuki menggunakan ukuran 195/60.

Review Bagian Belakang Suzuki XL7

Suzuki XL7 tampak belakang. (Foto: Carmudi/Dimas)

Jika dilihat, di bagian belakang XL7 sekilas memang terlihat mirip dengan buritan milik Suzuki Ertiga. Hanya saja bumper belakang bagian bawah dan pintu belakang sedikit berbeda karena berlabur aksen krom. Lampu bagian belakang menggunakan paduan LED dengan jalur untuk varian Alpha dan Beta. Sedangkan untuk bumper dengan garnish krom hanya tersedia pada varian Alpha saja. Di bagian bumper belakang samping terdapat reflector atau yang sering disebut mata kucing.

Review Interior Suzuki XL7

Jika melihat bagian dalam, memang tak ada bedanya dengan interior Suzuki Ertiga. Hanya saja perbedaan ada pada tekstur jok yang punya desain yang berbeda antara Ertiga biasa dan Ertiga Sport. Bagian dasbor sama seperti Ertiga, dengan pengaturan AC yang sudah digital di bagian tengah. Salah satu yang cukup menjadi pembeda adalah fitur Smart E-Mirror yang hanya tersedia pada varian Alpha. Bedanya jika pada Suzuki Ertiga bagian dasbor dipadukan dengan aksen kayu, pada XL7 memakai paduan karbon.

Tampilan dasbor Suzuki XL7. (Foto: Carmudi/Dimas)

Review Performa Mesin Suzuki XL7

Untuk mesin, benar-benar sama dengan mesin yang digunakan pada Ertiga dan Suzuki Jimny. XL7 ini memakai mesin K15B dengan kapasitas mesin 1.500 cc, 4 silinder bertenaga 102,7 hp dengan torsi 138 Nm. Mesin ini ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Sebagai salah satu mobil yang bisa digunakan untuk jarak jauh, XL7 mampu menggendong bahan bakar sebanyak 45 liter. Sedangkan kapasitas bagasinya sendiri mencapai 803 liter jika kursi baris kedua dan ketiga diratakan.

Review Fitur Suzuki XL7

Soal fitur keamanan, XL7 bisa dibilang punya banyak fitur, terutama pada bagian keamanan. Untuk harga yang ditawarkan, XL7 termasuk memiliki harga yang cukup menggoda dengan fitur yang ditawarkannya. Mulai dari sasis (platform), XL7 memakai Heartect yang mampu meningkatkan keamanan dengan bodi yang lebih ringan. Ada juga hill hold control yang bisa menahan rem pada saat berada di tanjakan.

Head unit floating pada Suzuki XL7

Mobil ini juga memiliki 2 airbag yang terdapat pada bagian depan, sehingga mampu memberikan keamanan bagi pengendara dan penumpang depan. Struktur bodi juga terbuat dari NVA dan Tect bodi. Kedua fitur ini memungkinkan sasis lebih senyap dan mampu meredam kerusakan parah pada saat mobil sedang mengalami kecelakaan atau tabrakan. Sehingga sasis mampu memberikan keamanan pada penumpang di dalam kabin.

Mobil ini juga sudah dibekali dengan electronic brake distribution yang mampu mencegah mobil menjadi oversteer dan understeer. Selain itu rem XL7 juga sudah memakai ABS, sehingga tak perlu khawatir melakukan pengereman. Masih ada ESP yang bisa mencegah oversteer dan understeer pada pada saat mobil sedang melaju di tikungan. Fitur keamanan lain adalah alarm, parkir sensor dan lampu rem tambahan di bagian pintu belakang atas. Fitur-fitur ini membuat XL7 diklaim menjadi Medium SUV yang terjangkau.

Suzuki XL7 ditawarkan dalam 3 tipe; Alpha, Beta, dan Zeta. (Foto: Carmudi/Dimas)

Soal harga, XL7 dibanderol mulai dari Rp230 juta hingga Rp267 juta (OTR Jakarta) di varian tertinggi. Berikut harga XL7 selengkapnya:

Daftar Harga Suzuki XL7

  • Zeta M/T Rp230 juta
  • Zeta A/T Rp240,5 juta
  • Beta M/T Rp246,5 juta
  • Beta A/T Rp257 juta
  • Alpha M/T Rp256,5 juta
  • Alpha A/T Rp267 juta

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Resmi Diluncurkan, Harga Suzuki XL7 Dibanderol Mulai dari Rp230 Juta

Previous post
Sepekan Meluncur, Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus Disiksa Jakarta-Surabaya
Next post
Hindari Tilang e-TLE, Polisi Buru Pemotor dengan Identifikasi Wajah