Berita

Tenaga Mesin Renault Kiger Lebih Unggul dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

JakartaRenault Kiger hampir dapat dipastikan mengaspal di Indonesia dalam waktu dekat dengan membawa sejumlah keunggulan khususnya di bagian mesin. Tentunya, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky mesti waspada dengan kehadiran kompetitor baru ini.

Keunggulan Renault Kiger

Keunggulan Renault Kiger salah satunya adalah mesin yang bertenaga. (Foto: Renault India)

Renault Indonesia sendiri semakin terbuka mengungkapkan sinyal-sinyal peluncuran mobil ini.

Bahkan di situs web resminya tercantum peluncuran Renault Kiger akan berlangsung pada 12 Agustus 2021. Tanggal tersebut bertepatan dengan hari pertama pameran GIIAS 2021 sebelum diputuskan mundur ke 9 September.

Sebagai gantinya, Davy J. Tuilan, Chief Operating Officer (COO) Renault Indonesia menyampaikan dalam sebuah pemberitaan bahwa, bakal ada peluncuran virtual terlebih dahulu untuk memperkenalkan jagoan barunya tersebut.

Renault Kiger Indonesia

(Foto: Renault India)

Renault Kiger menjalani debut dunia pada tanggal 28 Januari 2021. Compact SUV ini punya tampilan yang tak jauh berbeda dengan versi konsep sebelumnya.

Kiger dibangun di atas platform CMF-A+ yang juga digunakan Renault Triber dan Nissan Magnite.

Bukan hanya platform, tapi mesin Renault Kiger juga sama persis seperti yang digunakan wakil Nissan tersebut.

Di India, Kiger ditawarkan dalam dua jenis mesin , meliputi 3-silinder 1.000 cc naturally aspirated dan 3-silinder 1.000 cc turbo.

Lewat sebuah video singkat yang diunggah Renault Indonesia di media sosial, nampaknya konsumen Tanah Air bakal kebagian mesin yang dilengkapi turbo sekaligus transmisi otomatis XTronic CVT.

Renault Kiger Indonesia 2021

Tangkapan layar video teaser Renault Kiger versi Indonesia. (Foto: Renault Indonesia)

Keunggulan Renault Kiger Terdapat di Spesifikasi Mesin

Opsi mesin tersebut jelas lebih menjanjikan dengan tenaga tertinggi 98,6 Hp dan torsi 160 Nm. Sedangkan versi naturally aspirated-nya hanya punya tenaga 71 Hp dan torsi 96 Nm.

Dengan begitu dapat dikatakan performa mesin turbo Renault Kiger lebih kuat ketimbang performa Toyota Raize atau Daihatsu Rocky varian 1.000 cc turbo yang punya tenaga 96,6 Hp dengan torsi puncak 140,2 Nm.

Pada Renault Kiger, opsi mesin turbo punya pilihan transmisi manual selain XTronic CVT. Sedangkan untuk versi naturally aspirated-nya hanya tersedia pilihan transmisi manual yang dikombinasikan dengan semi otomatis AMT.

Keunggulan Renault Kiger pada sisi performa ini membuat kehadirannya cukup layak dinantikan.

Baca Juga:

 

Penulis: Mada Prastya

Editor: Santo Sirait

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts