HomeMobilTipe Nissan Livina Paling Direkomendasi, Buat yang Punya Bujet Terbatas

Tipe Nissan Livina Paling Direkomendasi, Buat yang Punya Bujet Terbatas

Nissan Livina
Recall Nissan Livina akan menarik lebih dari 9 ribu kendaraan (Foto: Carmudi)

JakartaNissan Livina bisa jadi salah satu mobil keluarga yang layak direkomendasi karena punya bentuk segar, hingga fitur yang terbilang banyak di hampir setiap tipe.

Sayang, belum banyak orang mengerti tipe Nissan Livina apa yang harus dibeli dengan kisaran banderol Rp208 jutaan sampai Rp271 jutaan ini.

Lalu, tipe apa yang harus dipilih?

Nah, biar enggak bingung, kami bakal kasih tahu tipe Nissan Livina apa yang cocok buat dibeli.

Sebelum membahasnya, ketahui dulu soal seluk belum mobil 7 penumpang ini. Mulai dari performa mesin, pilihan warna, sampai fiturnya.

Performa Mesin Nissan Livina

Nissan Livina menggunakan mesin berkapasitas 1.499 cc, 4 silinder, DOHC dengan twin variable-valve timing control. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 102 hp/6.000 rpm dengan torsi 141 Nm/4.000 rpm.

Nissan juga menawarkan dua macam transmisi; manual 5 percepatan dan otomatis dengan CVT.

Dari ulasan yang beredar, karakter mesin Livina enak banget untuk dikendarai “stop and go” karena CVT-nya terasa nendang di putaran bawah.

Nissan Livina
Menguji kelincahan Nissan Livina

Ada Warna Apa Saja?

Nissan menawarkan lima warna untuk Livina ini, yakni Timeless Grey, Black Knight, Ruby Red, Silver Tech, dan Sunset Orange sebagai warna unggulan (colour hero).

Walaupun kelihatannya jelek, tapi warna asli oranye ini ternyata benar-benar bagus, lho. Warnanya benar-benar jarang ada di kelas mobil lain manapun.

Warna lain yang juga favorit dari mobil ini adalah Silver Tech dan Timeless Grey.

nissan Livina
Pilihan warna Nissan Livina. (Foto: Carmudi)

Ketiga warna ini punya ciri khas yang cukup keren dan bisa jadi pusat perhatian di jalanan. Enggak heran kalau pembeli Livina adalah mereka yang lebih menyukai desain dibanding merek.

Bagaimana Fiturnya?

Walaupun Nissan Livina adalah sebuah mobil keluarga tapi fiturnya terbilang banyak. Head unit-nya juga sudah memakai layar sentuh berukuran 7 inci dengan berbagai pengaturan entertainment di dalamnya.

Tombol pengaturan AC juga sudah pakai tombol yang lebih keren dan modern.

Fitur keamanan dan keselamatan mobil ini juga cukup baik. Livina dibekali Hill Start Assist, Vehicle Dynamic Control, Traction Control, dan sensor parkir belakang.

Selain sensor, bagian belakang juga ada kamera mundur yang bisa membantu pengemudi saat sedang parkir. Fitur ini bagi sebagian orang menjadi fitur yang cukup penting dalam mobil keluarga modern di Indonesia.

Review Spesifikasi dan Harga Nissan Livina Baru 2019
Kabin bagian kemudi Nissan Livina. (Foto: Carmudi)

Belum selesai sampai di situ, Nissan Livina ini juga punya rem ABS, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, dan dua buah airbag di bagian depan.

Ada juga pengait ISOFIX di jok baris kedua untuk memudahkan membawa car seat untuk bayi. Fitur tersebut jadi kelebihan dari Nissan Livina.

Nissan Livina Tipe EL yang Paling Direkomendasi

Di Indonesia Nissan Livina ditawarkan dalam 3 tipe; E, EL, VE, VL, dan Sporty Package.

Dari semua tipe yang ada, rasanya tipe EL jadi tipe yang paling disarankan.

Selain tipe EL yang diposisikan di antara tipe terbawah dan teratas, tipe ini juga merupakan satu-satunya tipe yang ditawarkan dalam pilihan transmisi manual dan otomatis.

Dari segi harga, tipe EL pun cukup terjangkau.

Sebagai pembeda, tipe EL sendiri dibedakan lebih kepada kenyamanan. Misalnya penggunaan fog lamp, lampu belakang LED, interior berwarna hitam dan coklat tua.

Review Spesifikasi dan Harga Nissan Livina Baru 2019
All New Nissan Livina (Foto: Santo/Carmudi)

Selain itu, tipe EL merupakan tipe yang sudah memakai AC model double blower. Tipe E yang jadi tipe terbawah belum dilengkapi dengan double blower. Secara harga, ada dua pilihan harga yang ditawarkan.

Pertama, tipe EL transmisi manual dengan harga Rp231 jutaan, tipe EL transmisi otomatis dijual dengan harga Rp242 jutaan.

Alasan Membeli Tipe EL

Menurut kami, Nissan Livina tipe EL inilah yang paling direkomendasikan untuk dibeli.

Faktor pertama adalah pilihan harga. Bagi calon pembeli mobil dengan bujet terbatas, tentu uang menjadi faktor penentu utama.

Tipe EL transmisi manual lebih layak dibeli dibanding tipe E yang minim fitur. Secara tampilan juga tipe EL ini lebih baik dengan fitur yang lebih lengkap.

Lalu mereka dengan bujet terbatas juga masih bisa mendapatkan tipe EL dengan transmisi otomatis karena merupakan satu-satunya tipe yang dijual dengan dua pilihan transmisi.

Review Spesifikasi dan Harga Nissan Livina Baru 2019

Dibanding Nissan Livina tipe VL yang punya harga Rp272 jutaan, jelas selisih harganya sangat jauh. Sehingga bisa membuat calon konsumen mundur untuk membeli mobil dengan tipe paling atas.

Bagi kamu yang hendak membeli mobil, Nissan Livina tipe EL ini sangat layak dibeli. Kami merekomendasikan tipe ini dibanding tipe E yang minim fitur. Jika punya uang lebih dan mampu membeli tipe di atasnya pun tidak masalah.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Nissan Magnite Diperkenalkan Pertengahan Oktober, Kapan Masuk Indonesia?

Previous post
Suka Ngumpet, di Sini Letak Nomor Mesin Honda Beat dan Vario
Next post
Masuk PSBB Transisi, BMW Indonesia Buka Promo Pembelian Mobil Baru

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *