Home » Reviews » Harga Toyota Hiace Bekas Setara Fortuner, Bisa Cari Uang Pula Nih

Harga Toyota Hiace Bekas Setara Fortuner, Bisa Cari Uang Pula Nih

Jakarta – Kalau Carmudian sering menggunakan jasa angkutan travel antar kota, pasti tak asing dengan nama Toyota Hiace. Yup, mobil yang masuk di segmen komersial ini jadi salah satu kendaraan yang cukup favorit di kalangan travel antar kota. Selain mampu memuat banyak penumpang, mobil ini juga termasuk nyaman untuk digunakan jarak jauh. Tak heran kalau banyak perusahaan kini membeli Toyota Hiace.

Namun, tak banyak orang yang tahu soal harga bekas Toyota Hiace. Harga bekas Toyota Hiace bahkan setara dengan harga bekas Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero dan beberapa mobil lainnya. Mungkin bagi Carmudian yang tertarik untuk membuka usaha jasa travel antar kota, ada baiknya melirik Toyota Hiace ini. Kira-kira, berapa sih harga bekas Toyota Hiace?

Toyota Hiace
Toyota Hiace bekas kerap digunakan sebagai kendaraan travel antar kota. (Foto : Carmudi Indonesia/Zie)

Beberapa Hal yang Wajib Diketahui Tentang Toyota Hiace

Toyota Hiace bekas perlu diketahui dulu beberapa halnya. Pertama yang akan kita bahas adalah harga barunya. Berdasarkan penelusuran, Toyota Hiace baru dijual seharga Rp529,9 jutaan (OTR DKI Jakarta). Dengan harga tersebut, kira-kira Carmudian akan mendapatkan apa saja? Yuk, kita ulas spesifikasinya!

Mesin Toyota Hiace Tangguh

Toyota Hiace generasi terbaru dibekali dengan mesin diesel berkapasitas besar. Kapasitasnya 2.755 cc, 4 silinder segaris, turbo intercooler. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 155 Hp dengan torsi 300 Nm. Dengan sistem pengabutan bahan bakar commonrail, tentu tak akan sulit menggerakkan mobil dengan dimensi yang cukup besar dan berat. Dimensi Toyota Hiace memiliki panjang 5.915 mm, lebar 1.950 mm, dengan tinggi 2.280 mm. Ground clearance mobil ini juga mencapai 1.678 mm di bagian depan, sedangkan pintu tengah mencapai 1.671 mm.

Mesin yang tertanam pada Toyota Hiace ini merupakan mesin Toyota berkode 1GD-FTV. Bagi yang belum tahu, mesin ini adalah yang juga digunakan di beberapa model Toyota seperti Land Cruiser Prado generasi pertama, Kijang Innova generasi kedua, Fortuner generasi kedua, dan Hilux generasi kedelapan. Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan.

Fitur Toyota Hiace Cukup Baik di Kelas Komersial

Walaupun ini adalah mobil komersial, tetapi soal fitur keamanan mobil juga bisa dibilang cukup baik. Fitur keselamatan pada Toyota Hiace ini terdiri dari rem cakram yang sudah ABS, brake assist, vehicle stability control, hill start assist, 3 point seatbelt, emergency dan brake signal. Bagi sebuah mobil komersial, mobil ini terbilang cukup baik dari segi keamanan.

Fitur lainnya yang jarang ditemui di mobil komersial adalah spion elelktrik. Kedua spion Toyota Hiace sudah dapat diatur menggunakan perangkat elektronik. Pengguna dapat menyetel arah sesuai kebutuhan hanya dengan menekan tombol yang ada di dekat setir. Selain itu, ada juga tombol pelipatan spion otomatis yang memudahkan pada saat parkir. Di bagian spion kanan juga terdapat support atau supplemental mirror yang memperluas arah pandang pengemudi.

Tombol pengaturan lainnya adalah pengunci pintu otomatis. Untuk mengunci bagian pintu hanya perlu melalui tombol yang terletak di bagian supir. Kaca jendelanya pun juga sudah elektronik untuk menaik-turunkannya.

Di bagian interior, Toyota Hiace memiliki overhead tray, atau penyimpanan bagian atas. Tempat penyimpanan ini berguna untuk menaruh barang berukuran kecil. Dekat spion tengah juga terdapat konsol yang bisa digunakan untuk menyimpan kacamata. Untuk mengaksesnya juga cukup mudah, tinggal menekan konsolnya saja. Kerennya lagi, setir Toyota Hiace juga bisa diatur dengan pengaturan tilt dan teleskopik. Jelas hal ini akan membuat nyaman pengemudi saat mengendarai mobil berukuran besar ini.

Kapasitas Penumpang Toyota Hiace

Sebagai mobil untuk armada travel, tentu harus mampu mengangkut banyak orang. Tak heran Toyota Hiace mampu mengangkut penumpang hingga 12 orang. Dengan kemampuan ini, tentu Toyota Hiace bisa menjadi salah satu referensi mobil armada travel terbaik di Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Hiace

Bagaimana kelebihan dan kekuarangan Toyota Hiace? Kelebihan Toyota Hiace mungkin sudah banyak disampaikan sebelumnya di atas. Namun di luar dari itu, Toyota Hiace memiliki kelebihan lain seperti misalnya konsumsi BBM yang irit, banyaknya ketersediaan spare part, dan fitur hiburan yang cukup oke.

Sedangkan kekurangan Toyota Hiace generasi terbaru juga ada. Desain generasi barunya dinilai tampak seperti bus, bentuknya kaku, dan dimensinya dirasa jadi sangat besar untuk jalanan perkotaan. Kekurangan lain yang bisa kalian temui dari mobil ini adalah harganya yang relatif cukup mahal dibandingkan rival di kelasnya. Dengan beberapa hal tersebut, bagaimana menurut Carmudian tentang kelebihan dan kekurangan Toyota Hiace ini?

Harga Bekas Toyota Hiace

Harga bekas Toyota Hiace bisa dibilang cenderung setara dengan harga bekas Toyota Fortuner. Sebagai gambaran, Toyota Hiace produksi 2013 dijual seharga Rp310 juta sampai Rp330 jutaan. Untuk produksi 2014 dijual di kisaran Rp320 juta hingga Rp338 jutaan.

Toyota Hiace terbaru (Foto: Paultan)

Lalu untuk produksi 2015, dibanderol di kisaran Rp360 jutaan. Lalu produksi 2016 dijual di kisaran Rp400 jutaan. Untuk versi facelift tahun 2017, harga bekasnya mencapai Rp370 juta sampai Rp440 jutaan tergantung kondisi. Lalu versi 2018 biasanya dibanderol di kisaran Rp400 juta hingga Rp480 jutaan. Namun untuk versi 2019 masih jarang ditemui, tapi harga bekasnya pasti lebih mahal dibanding tahun sebelumnya.

Konfigruasi jok Toyota HiAce Premio. (Foto: Carmudi/Santo)

Berdasarkan pantauan, versi 2019 dijual bekas di kisaran Rp500 jutaan. Jika melihat harga bekas Toyota Hiace yang mencapai Rp300 jutaan, tentu tak berbeda jauh dengan Toyota Fortuner. Bagi Carmudian yang sedang mencari armada travel yang bisa diandalkan, Toyota Hiace paling cocok. Mesin bandel, performa andal, konsumsi BBM irit serta jaringan ketersediaan spare part sangat banyak di Indonesia.

Toyota HiAce Premio
Toyota HiAce Premio di GIIAS 2019. (Foto:Carmudi/Dimas)

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

“Gateaway” Bersama Honda HR-V, Berpetualang di Kota Malang

Daihatsu Xenia
Previous post
Mobil Daihatsu yang Terkena Banjir Mulai Berdatangan ke Bengkel Resmi
Next post
Menghitung Hari Kedatangan Kawasaki ZX-25R di Indonesia, Ini Bocoran Resminya